Banyuwangi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Pimpinan (Rapim) dalam Rangka penyusunan perencanaan Kegiatan dan Anggaran pemilihan umum 2019. Rapim dilaksanakan pada tanggal 16 samapi dengan 18 Maret 2018 bertempat di El Royale Hotel & Resort Banyuwangi Jawa Timur. Rapat Pimpinan ini, KPU provinsi Jawa Timur mengundang Ketua, Anggota dan Sekretaris KPU kabupaten kota se-Jawa Timur.

Acara diawali dengan pagelaran tari khas Banyuwangi dan selanjutnya dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa timur Bapak Eko Sasmito, SH, MH. Dalam sambutannya Eko Sas (panggilan akrab Eko Samito) menyampaikan bahwa rapim kali ini kita selenggarakan selama tiga hari, dengan rangkaian agenda meliputi :
Hari Pertama, penyampaian arahan umum hasil rapimnas di Semarang beberapa hari yang lalu. Hari kedua, diagendakan sesi sharing dengan jajaran Bawaslu dan pihak eksternal lainnya yang terkait dengan tugas tugas KPU. Hari ketiga merumuskan kesimpulan-kesimpulan yang harus digaris bawahi dan perlu penekanan khusus terkait perencanaan kegiatan dan anggaran Pemilihan umum 2019.

“Saat ini dalam tugas tugas terkait Pelaksanaan pemilihan kepala daerah 2018, KPU telah memasuki tahapan yang cukup krusial dan berbarengan dengan tahapan Pilleg pilpres 2019. Jika terjadi persoalan yang muncul harap diselesaikan dengan baik. Misalnya yang terkait dengan kegiatan kampanye yang dilakukan oleh pasangan calon. Termasuk terkait dengan pembentukan badan adhoc, bagi yang merangkap sebagai pendamping desa. Maka jika hal itu terjadi, maka yang bersangkutan harus memilih salah satu, dan tidak boleh merangkap. Demikian beberapa hal yang disampaikan Eko Sasmito sembari membuka secara resmi rapat pimpinan tersebut. (AGR)