Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Sabtu (21/4) melaksanakan Rapat koordinasi (Rakor) pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), bertempat di Rumah Pintar Pemilu “Kilisuci” di Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 32 Kediri. Acara dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Kediri beserta sekretariat, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Kediri.

Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq menjelaskan bahwa berdasakan PKPU 3 2015 anggota KPPS berjumlah 7 orang yang berasal dari masyarakat di sekitar Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Anggota KPPS berjumlah 7 orang, yang terdiri 1 orang sebagai ketua dan sisanya menjadi anggota. Ketua dipilih dari dan oleh anggota KPPS sendiri”jelas Agus Rofiq. “KPPS diangkat dan diberhentikan oleh PPS atas nama KPU/KIP kabupaten/kota ,”tambahnya.

Selanjutnya, Komisioner KPU Kota Kediri divisi Hukum, Nurul Mamnun menyampaikan syarat-syarat menjadi anggota KPPS yaitu, warga negara indonesia; berusia minimal 17 tahun; berdomisili dalam wilayah kerja PPK, PPS, dan KPPS; tidak menjadi anggota partai politik dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah paling singkat dalam jangka waktu 5 tahun; dan belum menjabat 2 kali sebagai anggota PPK, PPS, dan KPPS. Setelah itu, Nurul Mamnun menjelaskan tata cara perekrutan atau pembentukan anggota KPPS. “Pembentukan KPPS dilakukan dengan cara seleksi secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian,”tandas Nurul Mamnun.