Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri laksanakan Pagelaran Seni dan Budaya menyongsong satu tahun Pemilu 2019 bertepatan dengan perayaan Hari Kartini, Sabtu (21/4) bertempat di Taman Sekartaji Kediri. Acara Pagelaran Seni dan Budaya diisi dengan perlombaan-perlombaan yang diikuti oleh masyarakat Kediri, antara lain lomba mewarnai, lomba drama teater, lomba akustik, dan lomba stand up comedy.

Acara Pagelaran Seni dan Budaya diawali dengan lomba mewarnai dengan peserta dari TK dan PAUD di Kediri. Peserta mewarnai diberikan lembar mewarnai (gambar) “Si Sura” yaitu sebuah tokoh yang berwujud surat suara dan diberikan kebebasan untuk berkreasi mewarnai “Si Sura”.

Berbarengan dengan lomba mewarnai, lomba akustik, drama teater, dan stand up comedy juga dimulai. Peserta lomba akustik, drama teater, dan stand up comedy berasal dari umum, SLTA atau sederajat, universitas, dan media massa di Kediri. Peserta terdiri dari puluhan yang nantinya akan dipilih tiga terbaik yang akan tampil pada malam hari untuk menentukan juara 1, 2. dan 3 serta berhak menerima hadiah.

 

Malam harinya, merupakan puncak acara Pagelaran Seni dan Budaya menyongsong satu tahun Pemilu 2019, dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Kediri beserta sekretariat, Forkopimda, PPK PPS Kota Kediri, awak media dan instansi terkait. Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq memberikan sambutan, ia menyampaikan bahwa Pemilu untuk memilih DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, DPD, dan Presiden dan Wakil Presiden sudah dicanangkan tanggalnya, yaitu pada tanggal 17 April 2019. “Sehingga nanti pada saat di dalam bilik suara kita akan mencoblos sebanyak 5 surat suara,”jelas Agus Rofiq. Agus Rofiq menambahkan bahwa beriringan dengan tahapan Pilkada serentak 2018, KPU Kota Kediri juga menjalankan tahapan Pemilu 2019 dengan diawali dengan penetapan partai politik peserta Pemilu oleh KPU RI. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI juga telah menetapkan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Kota Kediri sudah ditetapkan dengan jumlah kursi sebanyak 30 kursi. “Sebanyak 30 kursi tersebut dibagi menjadi tiga, Dapil 1 Kecamatan Kota sebanyak 9 kursi, Dapil 2 Kecamatan Pesantren sebanyak 9 kursi, dan Dapil 3 Kecamatan Mojoroto sebanyak 12 kursi sudah ditetapkan,”ujar Agus Rofiq. Terakhir Agus Rofiq menyampaikan harapannya kepada masyarakat yang hadir pada acara Pagelaran Seni dan Budaya di Taman Sekartaji, ia berharap masyarakat bisa pro aktif mencermati apakah masyarakat sudah masuk di dalam daftar pemilih, karena beberapa waktu yang lalu KPU Kota Kediri telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada serentak 2018 Kota Kediri. “Atau paling tidak masyarakat mau mengurus perekaman KTP-el jika belum melakukan perekaman,”tandas Agus Rofiq.

Selanjutnya, Pagelaran Seni dan Budaya menampilkan tiga besar yang terpilih pada lomba drama teater, akustik, dan stand up comedy. Setelah semua penampil di masing-masing perlombaan sudah selesai hasilnya akan langsung diumumkan untuk juara 1, 2, dan 3.

Setelah semua peserta tampil untuk masing-masing perlombaan, inilah pemenang juara 1, 2, dan untuk setiap perlombaanya ;