Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menerima kunjungan dari Direktoral Objek Vital Nasional yang berasal dari Polda Jatim, Kamis (26/4) bertempat di Rumah Pintar Pemilu “Kilisuci” di Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 32 Kediri. Dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Kediri divisi teknis, Pusporini Endah Palupi, Komisioner KPU Kota Kediri divisi perencanaan dan data, Anis Iva Permatasari, beserta sekretariat KPU Kota Kediri, AKBP Purnomo, Kompol Nur Kholifah, beserta staff.

Tujuan kedatangan Direktoral Objek Vital Nasional adalah untuk mengenalkan diri atau menunjukkan eksistensi, karena Direktoral Objek Vital Nasional memiliki struktur yang baru dari Kapolri. “Salain itu, disini kami bertugas terkait untuk memenuhi kebutuhan rakyat bahwa Kepolisian Republik Indonesia wajib memberikan keamanan VIP tehadap penyelenggara pemilihan,”ujar AKBP Purnomo.

AKBP Purnomo mengatakan bahwa pasangan calon Pilwali 2018  meskipun masih dalam proses pemilihan akan diperlakukan seperti layaknya kepala daerah. Mereka berhak mendapatkan keamanan dimanapun keberadaan paslon tersebut.

“Semua yang terlibat di dalam Pilkada serentak 2018, baik  pasangan calon maupun pihak penyelenggara wajib kami berikan pengamanan VIP. Ketua Komisioner KPU dan Bawaslu akan dikawal minimal dua orang agar mereka bisa fokus terhadap apa yang mereka kerjakan, sehingga mereka bisa tenang dan tidak was-was dengan adanya Walpri (Pengawal pribadi),”terang AKBP Purnomo.

AKBP Purnomo menyampaikan terkait Walpri, bahwa Walpri merupakan hak wajib yang diberikan oleh Polri terhadap pihak penyelenggara, namun ada kewajiban yang harus ditanggung oleh pihak penyelenggara tersebut berupa tanggungan biaya operasional Walpri itu sendiri.

“Terkait dengan anggaran Walpri tersebut, Polri sendiri ada keterlambatan terkait hal tersebut. Oleh karena itu, semoga untuk masalah anggaran Walpri terkait dengan Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 segera dirapatkan oleh KPU Kota Kediri beserta pihak penyelenggara yang lain,”tandas AKBP Purnomo.

Kompol Nur Kholifah didampingi Pusporini Endah Palupi memantau keadaan gudang penyimpanan KPU Kota Kediri

Selanjutnya, AKBP Purnomo dan rombongan memantau keamanan Kantor KPU Kota Kediri dan gudang penyimpanan peralatan KPU Kota Kediri. Menurutnya untuk aspek keamanan KPU Kota Kediri cukup memadai dan keadaan di kantor KPU Kota Kediri kondusif. “Semoga keadaan seperti ini sampai akhir rangkain Pilkada serentak 2018 Kota Kediri, “tandas AKBP Purnomo mengakhiri kunjungannya.