Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Koordinasi tentang Pendaftaran dan Verifikasi Calon Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Tahun 2019 bersama KPU Kab/Kota se-Jatim selama 2 hari (26-27/4/2018) bertempat di Lantai 2 Kantor KPU Propinsi Jawa Timur. Acara ini dihadiri Ketua KPU Propinsi Jatim dan Kasubbag Hukum KPU Propinsi Jatim dan diikuti oleh Komisioner KPU divisi Hukum dan Operator SIPPP KPU Kab/Kota.

Bertepatan juga hari ini, hari terakhir tahapan penyerahan syarat dukungan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) membludak. Hingga Kamis (27/4) malam pukul 22.00 WIB, beberapa perwakilan (LO) beserta pendukungnya masih bertahan di kantor Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim).

Penelitian Berkas Syarat Dukungan Calon Anggota DPD Propinsi Jatim

 

Dengan makin membludaknya bakal calon DPD yang menyerahkan syarat dukungan, KPU Jatim menambah tempat penerimaan. Setidaknya ada tiga tempat yang difungsikan untuk menerima dokuman dari bakal calon DPD. Yakni, di Rumah Pintar Pemilu (RPP), Media Center dan aula lantai II kantor KPU Jatim.

Tidak hanya ada penambahan tempat menerima syarat dukungan bakal calon DPD. KPU Jatim juga menambah jumlah personil yang ditugaskan untuk melakukan koreksi dokumen KTP sebagai syarat dukungan bakal calon. Diantara nya juga seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Jatim diminta bantuan petugas untuk mengoreksi syarat dukungan bakal calon DPD.

”Semua ruangan yang ada kami fungsikan, guna mengantisipasi banyaknya bakal calon yang menyerahkan syarat dukungan. Terlebih hari ini terakhir,” ujar Kasubag Hukum KPU Jatim, Wiratmoko Iman Santoso.

Data yang diperoleh di lokasi penerimaan syarat dukungan bakal calon DPD, menyebutkan bahwa dari sebanyak 46 orang yang sudah melakukan konsultasi terkait pencalonan DPD, hingga pukul 22.00 WIB sudah ada sekitar 38 orang bakal calon yang telah menyerahkan syarat dukungan bakal calon DPD. Dan kemungkinan akan terus bertambah hingga batas akhir.

Penelitian Berkas Syarat Dukungan Calon Anggota DPD Propinsi Jatim Pemilu 2019

Dari hasil pantauan di lokasi penerimaan syarat dukungan bakal calon, ada beberapa nama yang sudah masuk dan menyerahkan dokumen syarat dukungan diantaranya Emelia Contessa (incumbent), Ahmad Nawardi (incumbent), Ahcmad Rusyad, Sri Rejeki, La Nyalla dan kemungkinan masih bertambah lagi. Hingga berita ini diturunkan, petugas dari KPU Jatim dan KPU Kabupaten/Kota masih melakukan pemeriksaan terhadap dokumen dari bakal calon anggota DPD. (dny)