Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri mengundang ketua PPK dan PPS se-Kota Kediri, Senin (30/4) malam dalam rangka Rapar koordinasi (Rakor) dan sosialisasi pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pilkada serentak tahun 2018. Acara dilangsungkan bertempat di Rumah Pintar Pemilu “Kilisuci”, Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 32 Kediri. Acara juga dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Kediri beserta sekretariat dan jajaran.

Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq membuka acara dengan memberikan sambutan. Agus Rofiq mengatakan bahwa pembentukan KPPS prinsipnya dilaksanakan secara terbuka, namun tetap sesuai dengan peraturan.”Ketua PPK dan PPS se-Kota Kediri diundang malam ini merupakan salah satu bentuk koordinasi terkait pembentukan KPPS untuk Pilkada serentak tahun 2018, tidak saja berkoordinasi dengan kalian saja namun KPU Kota Kediri juga melakukan koordinasi dengan Panwaslu Kota Kediri terkait hal tersebut,”ujar Agus Rofiq. Agus Rofiq sempat berkelakar sebelum menutup sambutannya ketika ia melihat salah satu tamu undangan menggunakan sarung pada saat acara. “Karena malam ini adalah malam istimewa malam nisfu sya’ban itu ada tamu memakai sarung tidak apa-apa,”kelakar Agus Rofiq disambut tawa tamu undangan yang hadir.

Tahapan

Selanjutnya, materi Rakor dan sosialisasi pembentukan KPPS diberikan oleh Komisioner KPU Kota Kediri divisi hukum, Nurul Mamnun. Ia menyampaikan bahwa pengumuman pendaftaran KPPS wajib diumumkan pada tanggal 7 Mei – 12 Mei 2018. “Pengumuman harus terpampang di papan pengumuman yang sering dilihat oleh masyarakat di setiap kelurahan di Kota Kediri,”ujar Nurul Mamnun. Selanjutnya, untuk pendaftaran dimulai 13 Mei – 19 Mei 2018, Nurul Mamnun meminta pada saat tanggal pendaftaran anggota PPS setiap kelurahan membagi tugas untuk bisa stand by menerima pendaftaran. Setelah itu, pada tanggal 20 Mei – 28 Mei 2018 masuk pada tahapan tanggapan atau masukan dari masyarakat. “Tahapan tersebut masyarakat bisa menilai dan memberikan masukan apakah layak menjadi anggota KPPS atau tidak,”jelasnya. Tanggal  20 Mei – 26 Mei merupakan tahap seleksi administrasi dan yang lolos administrasi akan diumumkan pada tanggal 26 Mei 2018.”Apabila pendaftar melebihi jumlah anggota PPS bisa berkoordinasi dengan pihak terkait dan melakukan tes wawancara mulai dari tanggal 13 Mei – 26 Mei 2018. Selanjutnya pada tanggal 29 Mei 2018 PPS melakukan rapat pleno menetapkan anggota KPPS dan langsung diumumkan pada hari yang sama,”jelas Nurul Mamnun. Setelah semua tahapan dilewati, maka pada tanggal 30 Mei – 31 Mei 2018, PPS atas nama KPU Kota Kediri bisa melantik anggota KPPS.

Syarat

Nurul Mamnun menjelaskan apa saja syarat untuk bisa mendaftar sebagai anggota KPPS. Pertama, fotokopi KTP-el atau surat keterangan telah melakukan perekaman ; kedua, fotokopi ijazah (tidak wajib dilegalisir); ketiga, surat pernyataan ; keempat surat keterangan sehat. Acara dilanjutkan dengan berdiskusi mengenai apa yang masih menjadi pertanyaan mengenai pembentukan KPPS Pilkada serentak 2018.