Ponorogo – Menjelang pelaksanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, KPU Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Gelar Seni Budaya di Bumi Reog Ponorogo. Acara diselenggarakan, Sabtu (5/5) dihadiri KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Eko Sasmito selaku Ketua KPU Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya menyampaikan, mengapa memilih Kabupaten Ponorogo sebagai tempat untuk menggelar seni budaya dalam rangka sosialisasi Pilgub Jatim 2018, menurutnya  Kabupaten Ponorogo memiliki kekhasan budaya yang mempunyai nilai tinggi serta adi luhung.”Untuk sosialisasikan Pilgub Jatim 2018,  KPU Prov sudah mengelar event seni dan budaya dibeberapa daerah di Jatim. Sudah pasti ada multi efek positif yang didapatkan dan dicapai dengan kegiatan seperti ini, yaitu nilai positifnya bisa mendukung kelestarian seni budaya daerah dan disisi lain wahana ini bisa dimanfaatkan sebagai media sosialiaasi dalam pendidikan politik terutama dalam rangka sosialiaasi penyelanggaraan Pilgub Jatim 2018,”ujar Eko Sasmito.

Selanjutnya Eko Sasmito berharap agar penyelenggaraan Pilkada 2108 dilaksanakan dengan damai, guyub rukun dalam suasana yang gembira dan suka cita. “Sudah tidak jamannya lagi pilkada dilasanakan dalam suasana yang  panas, kekerasan dan penuh intimidasi. Jadilah pemilih yang ceedas,  cermati dan pilih para calon  gubernur dan wakil gubernur dengan melihat rekam jejaknya. Kami ingatkan hindari money politic,  karena akan merusak tatanan demokrasi Indonesia,”jelasnya.

Acara Gelar Seni Budaya di bumi reog Ponorogo sendiri cukup meriah dan sukses. Acara tersebut menyuguhksn penampilan kekhasan seni budaya asli bumi Reog tersebut seperti tarian Reog Ponorogo yang menjadi simbol Ponorogo, serta diramaikan oleh komunitas penyayang binatang dan bazar UMKM. (Suroto)