Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menggelar acara Pameran dan Kontes Burung Berkicau Sosialisasi Pilkada Serentak Jawa Timur 2018, Minggu (6/5/2018) bertempat di Gantangan Brawijaya BC Jl. A. Yani (lapangan pagora) Kota Kediri. Acara dihadiri oleh para pecintai kicau mania dari seluruh kawasan di Kediri.

Sebelum acara pameran dan kontes burung berkicau di mulai, Komisioner KPU Kota Kediri divisi hukum, Nurul Mamnun memberikan sambutannya. Ia mengatakan bahwa senang melihat antusias para pecinta burung yang hadir untuk meramaikan acara dan sekaligus menjadi sasaran sosialisasi KPU Kota Kediri terkait dengan Pilkada serentak 2018 Jatim. “KPU Kota Kediri perlu melakukan sosialisasi terhadap seluruh lapisan masyarakat dan komunitas yang ada di Kota Kediri, salah satunya adalah para pecinta burung atau biasa kita sebut kicau mania. Saya berharap nanti pada saat hari H pemilihan bapak bapak ini bisa datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya,”ujar Nurul Mamnun. Selanjutnya, untuk menandai dimulainya acara, Nurul Mamnun secara simbolik “menggantangkan” atau menggantung burung berjenis love bird sebagai tanda dimulainya acara.

Perlombaan burung kicau memperlombakan beragam kelas perlombaan. Nama kelas perlombaan dinamakan seperti penyelenggara pemilihan diantaranya love bird kelas KPU, murai batu kelas PPK, balibu kelas PPS, dan pleci kelas KPPS. Pemenang untuk setiap kelas perlombaan akan mendapat hadiah uang tunai dan trophy. Selain itu, KPU juga memberikan souvenir dan doorprise kepada peserta perlombaan. Tidak saja menjadi ajang perlombaan kicau burung, acara tersebut juga menjadi ajang jual beli burung untuk para kicau mania. Berikut adalah foto-foto keseruan perlombaan ;