Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq (menggunakan kemeja kotak-kotak) bersama Kasubag umum KPU Kota Kediri, Ermawanto memberikan sosialisasi persiapan pemungutan suara dan pembentukan anggota KPPS di Radio Bonansa FM Kediri, Rabu (16/5/2018)

Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri melakukan sosialisasi terkait persiapan pemungutan suara dan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Radio Bonasa FM Kediri, Rabu (16/5/2018). Ketua dan Kasubag umum KPU Kota Kediri, Agus Rofiq dan Ermawanto menjadi narasumber pada sosialisasi tersebut.

Agus Rofiq menyamapaikan saat ini KPU Kota Kediri sedang dalam proses persiapan pemungutan suara Pilkada serentak tahun 2018. “Saat ini KPU Kota Kediri sedang mempersiapkan logistik, perencanaan pencetakan surat suara yang dicetak sejumlah DPT per-TPS ditambah 2,5%,”jelasnya. Ermawanto menambahkan untuk persiapan logistik KPU Kota Kediri sedang mempersiapkan logistik berupa kotak suara dan bilik yang nantinya akan didistribusikan kepada PPS per-kelurahan dan selanjutnya PPS yang akan mendistribusikan ke TPS yang ada di kelurahan tersebut. “Kotak suara per-TPS diberikan 2 kotak, untuk Pilwali dan Pilgub. Sedangkan bilik suara per-TPS akan diberikan 4 bilik suara, selain itu KPU Kota Kediri juga sedang mempersiapkan form untuk pemungutan dan penghitungan suara,”tutur Ermawanto.

Selanjutnya, Agus Rofiq menyampaikan pembentukan KPPS yang saat ini masih berlangsung. Ia menyampaikan bahwa saat ini KPU Kota Kediri membuka rekrutmen anggota KPPS melalui PPS se-Kota Kediri dan nantinya akan ditugaskan di 485 TPS se-Kota Kediri.”Nantinya per-TPS akan ditugaskan sebanyak 7 orang anggota KPPS ditambah 2 Linmas,”jelas Agus Rofiq. “Rencananya paling lambat tanggal 31 Mei 2018, PPS akan melantik anggota KPPS atas nama KPU Kota Kediri. Saat ini sekretariat KPU Kota Kediri sedang melakukan monitoring ke PPS se-Kota Kediri terkiat pembentukan KPPS,”tandas Agus Rofiq,