Batu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat koordinasi (Rakor) Sosialisasi Keputusan KPU tentang petunjuk pelaksanaan dan pertanggung jawaban anggaran badan penyelenggara pemilu adhoc dalam bentuk talk show, Selasa-Rabu  (22-23/5/2018) di Golden Tulip-Holland Resort  Kota Batu. Acara diikuti oleh KPU Prov dan KPU Kab/Kota (divisi keuangan, umum, dan logistik (KUL), sekretaris, bendahara dan operator)

Dewita Hayu Shinta Devisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Prov Jatim  menyampaikan bahwa Kegiatan tahapan pilkada serentak yang beririsan dengan tahapan pemilu menjadikan kegiatan menjadi penuh dan padat. “Seluruh kegiatan baik Pilkada maupun Pileg semuanya harus dilaksanakan tepat waktu sesuai tahapannya, tidak boleh maju dan tidak boleh mundur,”ujar Dewita Hayu Shinta.

“Dan sudah menjadi komitmen pelaksanaan tahapan Pilkada dan Pemilu harus terlaksana dengan sukses. Disisi lain dalam tata kelola keuangan, juga harus menjadi perhatian  penuh, karena merupakan bagian penting dalam rangka sukses penyelenggaraan kegiatan. Semuanya harus terlaksana dengan sukses dan berakhir dengan khusnul khotimah,”tambahnya.

Menurut Dewita Hayu Shinta acara ini penting digelar dalam rangka untuk menuju sukses pengelolaan keuangan di lingkup KPU Prov Jatim, oleh karena itu KPU Provinsi Jatim menghadirkan narasumber dari Inspektur KPU, Biro Keuangan KPU dan  Kanwil DJB. “Acara rakor yang digelar seperti ini mendapat apresiasi  positif dari Adiwijaya Bakti (Inspektur KPU RI),  karena  dengan forum  seperti ini harapannya tahapan kegiatan dapat berjalan dengan lancar, semua persoalan-perasalan ada dapat dipecahkan,”tandasnya.

Selanjutnya, menurut Inspektur KPU RI, seluruh kegiatan dalam tata kelola keuangan harus ada laporan keuangannya. “Hal tersebut sebagai bentuk pertanggung jawaban atas amanah dalam mengelola keuangan yang diberikan negara. Capaian sasaran kegiatan kelola keuangan harus efektif, efisien dan ekonomis,”ujar Adiwijaya Bakti . “Bukti-bukti dalam pertanggung jawaban keuangan harus cukup memadai, PJ agar cepat diselesaikan,”tandasnya. (Suroto)