Kediri, kpu-kedirikota.go.id – Panitia Pemungutan Suara (PPS) memasuki tahapan pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Sebanyak 15 Ketua KPPS di Kelurahan Banjaran, Rabu (30/5) malam dilantik oleh PPS Kelurahan Banjaran atas nama KPU Kota Kediri. Acara pelantikan dihadiri oleh anggota PPS dan sekretariat Kelurahan Banjaran, tiga pilar kelurahan, PPL, dan Ketua LPMK.

Kepala Kelurahan Banjaran, Muhartoyo dalam sambutannya mengatakan bahwa tugas KPPS merupakan ujung tombak sukses atau tidak suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak 2018 nanti.”Berkaitan dengan hal tersebut, saya berharap KPPS bisa solid dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan undang-undang,”tutur Muhartoyo. Muhartoyo menambahkan bahwa KPPS merupakan sebagai petugas di garda paling depan yang langsung melayani pemilih. Oleh karena itu, KPPS harus mampu dan bisa menjalankan tugas sesuai dengan aturan dan prosedur yg telah ditetapkan oleh KPU.

Setelah prosesi pelantikan selesai, acara dilanjutkan dengan Bimbingan teknis (Bimtek) kepada 15 Ketua KPPS di Kelurahan Banjaran. Materi Bimtek terkait dengan tugas, wewenang, dan kewajiban KPPS serta penjelasan terkait tugas masing-masing anggota KPPS nantinya. PPS Kelurahan Banjaran juga menegaskan bahwa nantinys di TPS di Kelurahan Banjaran harus aksesibel untuk penyandang disabilitas, karena hal tersebut merupakan bentuk salah satu bentuk pelayanan yang harus dilakukan oleh anggota KPPS.  (PPS Kelurahan Banjaran)