Kediri, kpu-kedirikota.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri melakukan pemusnahan sebanyak ratusan surat suara yang berlebih dan surat suara rusak Pilkada serentak 2018. Bertempat di halaman kantor KPU Kota Kediri di Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 32 Kediri, Selasa (26/6) sore acara dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Kediri,tim kampanye paslon Pilwali dan Pilgub, Panwas, Kesbangpol, Polres, dan bagian pemerintahan Kota Kediri.

Agus Rofiq, selaku Ketua KPU Kota Kediri mengatakan bahwa setelah KPU Kota Kediri telah menyelesaikan distribusi logistik untuk Pilkada serentak 2018 ke PPS se-Kota Kediri maka proses selanjutnya memusnahkan surat suara yang berlebih dan surat suara yang rusak.

“Hal itu terkandung maksud agar kita tidak akan menggunakan hal-hal tidak dibutuhkan dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak Kota Kediri tahun 2018,”terang Agus Rofiq.

Agus Rofiq selanjutnya menjelaskan rincian surat suara yang telah dimusnahkan.”Ada jenis surat suara Pilwali yang kita musnahkan sebanyak 116 lembar. Kemudian untuk surat suara Pilgub sebanyak 127 lembar kita musnahkan semuanya dan hari ini sudah clear tidak ada kelebihan yang bisa dicurigai atau pun dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak Kota Kediri tahun 2018,”jelasnya.

Ada pun jumlah surat suara yang dibutuhkan untuk Pilkada serentak tahun 2018 sebanyak 204.495 surat suara. Selanjutnya, KPU Kota Kediri menerima surat suara dari percetakan tanggal (25/5) dan dilakukan sortir dan lipat suara diperoleh junmlah surat suara Pilwali sebanyak 204.247 dan untuk Pilgub sebanyak 204.154.

Selanjutnya, KPU Kota Kediri mengajukan kekurangan jumlah surat suara dan telah dilakukan sortir dan lipat surat suara kembali. Rincian kelebihan surat suara dan surat suara untuk Pilwali sebanyak 16 (kelebihan) dan 97 (rusak) jumlah totoal 113 surat suara, sedangkan Pilgub sebanyak 24 (kelebihan) dan 103 (rusak) jumlah total 127 surat suara.