Kediri, kpu-kedirikota.go.id – Proses pengajuan Bakal calon legislatif (Bacaleg) oleh partai politik sudah selesai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri melakukan verifikasi berkas pendaftaran yang telah diterima oleh KPU Kota Kediri. Hasil akan disampaikan oleh KPU Kota Kediri kepada partai politik pada tanggal 19 Juli 2018.

Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Teknis, Pusporini Endah Palupi menjelaskan bahwa setelah proses bakal calon selesai pada tanggal 17 Juli 2018 pukul 24.00, setelahnya pada tanggal 18 Juli 2018 KPU Kota Kediri melakukan verifikasi.”Hasil verifikasi mulai bisa disampaikan mulai tanggal 19 – 21 Juli 2018. Untuk KPU Kota Kediri akan menyampaikan hasilnya pada tanggal 19 Juli 2018,”jelasnya.

Pusporini Endah Palupi mengatakan bahwa setelah hasil verifikasi disampaikan, Bacaleg yang persyaratan kurang lengkap atau harus diperbaiki bisa diserahkan ke KPU Kota Kediri pada tanggal 22 – 31 Juli 2018.”Setelah tanggal 31 Juli 2018 diserahkan terakhir, tanggal 1 – 7 Agustus 2018 KPU Kota Kediri akan memverifikasi hasil penyampaian perbaikan dan akan disampaikan hasilnya kepada partai politik kembali,”terang Pusporini Endah Palupi.

KPU Kota Kediri apabila mendapatkan tanggapan atau masukan dari masyarakat akan turun langsung untuk mengklarifikasi secara langsung.”Klarifikasi tergantung terhadap tanggapan masyarakat, tentang apa? yang berhubungan dengan pemalsuan atau yang lain. KPU Kota Kediri akan melakukan klarifikasi langsung ke Polres, kemudian akan ditindak lanjuti oleh Bawaslu Kota Kediri,”jelas Pusporini Endah Palupi.

“Jika Bacaleg melakukan tindakan yang sifatnya kriminal seperti pemalsuan, KPU Kota Kediri bisa mencoret dan tidak akan dimasukan ke Daftar Calon Sementara (DCS). Pencoretan tersebut akan dibawa ke ranah hukum terlebih dahulu, setelah KPU Kota Kediri punya patokan atau dasar secara tertulis yang bisa dijadikan pegangan baru KPU Kota Kediri akan mencoret,”tandas Pusporini Endah Palupi.