Kediri, kpu-kedirikota.go.id – Komisioner Divisi Teknis Pemilihan Umum Kota Kediri, Pusporini Endah Palupi menyampaikan bahwa partai politik bisa melakukan pergantian Bacaleg berstatus BMS (Belum Memenuhi Syarat) dan TMS (Tidak Memenuhi Syarat) hasil verifikasi dokumen pendaftaran. Hal itu disampaikan pada saat Rapat koordinasi (Rakor) bersama parpol dalam rangka persiapan perbaikan dokumen Bacaleg dalam Pemilu 2019, Senin (23/7) malam, bertempat di ruang meeting KPU Kota Kediri. Acara dihadiri oleh Komisioner beserta sekretariat KPU Kota Kediri, pimpinan atau LO parpol peserta Pemilu 2019, dan Bawaslu Kota Kediri.

Pusporini Endah Palupi mengatakan setelah KPU Kota Kediri melakukan verifikasi berkas atau dokumen Bacaleg yang diserahkan pada saat pendaftaran, banyak Bacaleg yang masih belum lengkap dalam melakukan pengisian form BB 1 dan BB2. “Contohnya ketika di riwayat hidup, Bacaleg mencantumkan bahwa pendidikan terakhirnya S1. Namun, Bacaleg tidak memberikan lampiran ijazah yang dilegalisir,”jelasnya.

Foto : Dokumentasi KPU Kota Kediri II Pusporini Endah Palupi Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Teknis (berbatik ungu) menyampaikan materinya, didampingi Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq (berkemeja biru tua), Ketua Bawaslu Kota Kediri, R. Yoni Bambang Suryadi (berkemeja abu-abu), dan Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Hukum, Nurul Mamnun (berjas hitam).

Selanjutnya, Bu Puspo sapaan akrabnya menyampaikan bahwa ada tiga kategori yang perlu diperhatikan oleh parpol setelah dilakukan verifikasi dokumen Bacaleg. Ketegori tersebut yaitu, MS (Memenuhi Syarat), BMS (Belum Memenuhi Syarat), dan TMS (Tidak Memenuhi Syarat).”Untuk Bacaleg yang statusnya sudah MS tidak perlu lagi memperbaiki dokumen. Jika statusnya BMS dan TMS maka Bacaleg harus melakukan perbaikan dokumen, pada tanggal 22-31 Juli 2018.”ujar Pusporini Endah Palupi.

“Pada masa perbaikan ini, KPU Kota Kediri mendapatkan berita terbaru bahwa parpol bisa melakukan pergantian Bacaleg yang statusnya BMS dan TMS untuk semua Dapil. Namun, harus melakukan perbaikan data di SILON juga,”jelas Bu Puspo.

Setelah parpol melakukan perbaikan dokumen, KPU Kota Kediri akan melakukan verifikasi dokumen perbaikan kembali untuk rancangan penyusunan DCS (Daftar Calon Sementara).”DCS yang sudah terbentuk akan diumumkan kepada masyarakat untuk mendapatkan tanggapan. Jika ada tanggapan maka KPU Kota Kediri akan melakukan klarifikasi secara langsung dan setelah semua tahapan selesai maka akan ditetepkan menjadi DCT (Daftar Calon Tetap),”tandas Pusporini Endah Palupi.