Surabaya, kpu-kedirikota.go.id – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur melaksanakan bimbingan teknis Kearsipan dokumen PILKADA dalam Pilkada Serentak 2018 (30-31/7) di Surabaya. Hadir pada kegiatan tersebut Komisioner KPU Jatim, dan Komisioner divisi Keuangan Umum dan Logistik, kasubag umum serta staf bagian kearsipan masing-masing Kab. kota Semarang Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung dua hari dengan materi dari KPU Jatim, Biro Umum KPU RI dan dari Kantor Arsip Propinsi Jawa Timur.

Dalam sambutan pembukaannya, Eko Sasmito Ketua KPU Jatim menyampaikan bahwa sejarah tidak akan ada tanpa arsip.”Pilkada serentak yang telah dilaksanakan kalau ingin menjadi sejarah, maka kita harus mengarsipkan. Cina menemukan kertas dari abad 1, tapi sejarah Indonesia baru tertulis abad 7, itupun tertulis di prasasti. Maka dari itu, Kita (KPU Jatim) sangat mengharapkan dokumen-dokumen dalam Pilkada ini bisa diarsipkan sesuai dengan masa retensinya,”ungkap Eko Sasmito.

Disampaikan juga dalam kegiatan tersebut, bahwa dalam pengelolaan arsip harus mempertimbangkan jenis dan retensinya. Eberta Kawima, sekretaris KPU Jatim menyampaikan bahwa sesuai dengan jenisnya, arsip bisa digolongkan dalam arsip substantif seperti SK KPU, panduan, hasil pemilu dan lain-lain, serta arsip fasilitatif seperti RAB, RKAKL, dokumen perencanaan dll. (Yud)