Kediri, kpu-kedirikota.go.id – Seluruh Partai Politik peserta Pemilu 2019, Selasa (31/7) telah memperbaiki dokumen Bacaleg yang Belum Memenuhi Syarat (BMS), baik yang persyaratan dokumen belum lengkap dan terkait keabsahan dokumen. Partai Politik NasDem menjadi parpol terakhir yang melakukan perbaikan yang bertempat di ruang Meeting Room Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri di Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 32 Kediri.

Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Teknis, Pusporini Endah Palupi menyampaikan bahwa dalam masa perbaikan dimulai tanggal 22 – 31 Juli 2018 ada parpol yang mengganti Bacalegnya. “ Boleh mengganti bacaleg, namun dengan catatan tidak mengganti antar Dapil. Parpol tersebut antara lain, PKB, Gerindra, NasDem, dan PPP,”terang Pusporini Endah Palupi.

“Terkait dengan pergantian Bacaleg, rata-rata parpol sudah memperhatikan keterwakilan perempuan. Jadi keterwakilan sebanyak 30% tetap terpenuhi,”lanjutnya.

Bu Puspo sapaan akrabnya menyampaiakan bahwa setelah prosese perbaikan dokumen selesai masih ada tahapan-tahapan selanjutnya yang dilakukan KPU Kota Kediri sebelum menyusun DCS (Daftar Calon Sementara). “Setelah perbaikan, tanggal 1 – 7 Agustus 2018 KPU Kota Kediri akan melakukan verifikasi dokumen perbaikan. Selanjutnya tanggal 8 – 12 Agustus 2018, kita akan mulai menyusun DCS,”ujarnya.

Setelah DCS disusun dan ditetapkan, Bu Puspo menjelaskan bahwa hasil DCS  akan diumumkan melalui media serta diumumkan di website KPU Kota Kediri mulai tanggal 12 – 14 Agustus 2018. “Masyarakat bisa memberikan masukan atau tanggapan kepada KPU Kota Kediri pada tanggal 12-21 Agustus 2018.”jelas Pusporini Endah Palupi.

“Masyarakat bisa memberikan masukan atau tanggapan langsung ke KPU Kota Kediri dengan catatan harus menyampaikan identitas diri, namun identitas tersebut akan kami rahasiakan. Hasil dari masukan atau tanggapan masyarakat akan kami klarifikasi kembali sebelum kita menentukan DCT (Daftar Calon Tetap)”tandasnya.