Kediri- Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 telah selesai dan  secara umum Pilkada 2018   terlaksana dengan lancar dan sukses. Arief Rachman Hakim selaku Sekjend KPU RI mengucapkan termakasih kepada seluruh jajaran KPU atas terselenggaranya pilkada serentak 2018 yang telah dilalui dengan lancar dan berhasil  dengan sukses.

Kedepan harapannya untuk penyelenggaraan Pemilu 2019 harus lebih baik dan lebih sukses lagi, demikian ucapnya  saat memberikan arahan  dihadapan sekretariat KPU Kota dan Kabupaten kediri dalam rangka Bimtek Penguatan Kelembagaan KPU dan Evaluasi Pilkada Serentak 2018 di RPP “Kilisuci” KPU Kota Kediri (8/9/2018).

Lebih lanjut disampaikan dengan kegiatan  kunjungannya  seperti ini,  bisa diperoleh masukan-masukan, baik terkait permasalahan anggaran yang dikelola, sarana prasarana perkantoran,  juga dari sisi SDM yang ada di KPU.

Menurutnya, untuk mendukung kegiatan pemilu/pilkada  SDM yang ada disekretariat KPU perlu tenaga yg mencukupi. ASN yang saat ini  yang ada dirasa masih  terbatas, sehingga pada saat penyelenggaraan Pilkada maupun Pemilu  dirasa masih kurang. Oleh karena itu perlu tambahan personil   tenaga pendukung.

Selanjutnya terkait tahapan pemilu, dalam waktu dekat akan ada kegiatan pengadaan Alat Peraga Kampanye (APK), hal ini perlu persiapan yang baik.

Setiap satker perlu melakukan proses lelang atau proses pengadaan lebih awal.   Sedangkan penandatanganan kontrak akan dilaksanakan menyusul setelah anggaran sdh tersedia.

Target partisipasi KPU harus tercapai, oleh karena itu anggaran sosialisasi bisa dimaksimalkan sehingga gaung pemilu bisa menggema dan tetap sasaran.

Laksanakan koordinasi dengan pemeritah daerah dan jajaran lain,  agar supaya ikut berperan dalam mendukung sukses penyelenggaaraan pesta demokrasi.

Menurunya,  yang agak mengkhawatirkan  bahwa di pileg nanti harus menggunakan kotak suara baru dari bahan karton yg sdh barang tentu ada  kerawan  kerusakan. Selain perlu kesiapan gudang juga  perlu kehati-hatian untuk perawatan.

Kemudian saat pelaksanaan rekapitulasi kita akan menggunakan  IT,oleh karena itu kebutuhan IT yg diperlukan agar diinventarisir agar lebih akurat lagi, sehingga dalam proses situng lebih baik. KPU RI menargetkan bahwa pelaksanaan pemilu nanti lebih baik lagi dan kwalitasnya pemilu yang baik, juga tingkat partisipasi pemilih meningkat. Demikian harapannya.