Lamongan-Rapim yang diselenggarakan KPU Prov Jatim bersama KPU Kab/Kota se Jatim  selama 2 hari (18-19/9/2018) bertempat di Tanjung Kodok Resort Lamongan ditujukan untuk mengevaluasi terhadap kegiatan2 tahapan Pemilu 2019 yang telah dilaksanakan maupun kegiatan tahapan yang akan dilaksanakan. Disamping itu juga disampaikan atas hasil  Rapimnas di Makasar yang dihadiri Komisioner dan Sekretaris KPU Prov Jatim. Menurut Eko Sasmito selaku Ketua KPU Prov Jatim, ada beberapa Isu Strategis yang dibahas dalam Rakernas, antara lain sbb:
1). Pencalonan Anggota DPD, DPR, DPRD Prov/Kab/Kota serta Presiden dan Wakil Presiden.
2). Persiapan Pelaksanaan Kampanye DPD, DPR, DPRD Prov/Kab/Kota serta Presiden dan Wakil Presiden.
3). Pemutahiran Data Pemilih Pemilu 2019
4). Persiapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara pemilu 2019
5). Pengisian Jabatan Kosong di Satker KPU Prov/Kab/Kota.
6). Evaluasi pelaksanaan Pilkada 2018.
7). Ketersediaan sarana prasarana menuju Pemilu 2019.
Guna memyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 ini, memang banyak hal yang mesti harus kita lakukan dan kita siapkaan secara maksimal. Mulai daftar pemilih, pencalonan, persiapan pelaksanaan kampanye dan tahapan lain yang akan kita lalui, semuanya harus kita persiapkan, demikian ucapnya. Disisi lain juga harus kita persiapkan sarana prasarana pendukung yang memadai. Kemudian lebih lanjut dingingatkan untuk meningkatkan disiplin baik komisioner maupun dijajaran sekretariat. Disiplin itu penting dalam suatu organisasi, demikian ungkapnya.
Selanjutnya terkait dengan Daftar Pemilih, Khoirul Anam  (anggota kpu divisi perencanaan dan data) berharap agar proses pencermatan DPTHP 60 hari kedepan ini, agar KPU kab/kota lebih aktif untuk berkoordinasi dengan Bawaslu, Parpol dan Sispenduk terkait pencermatan DPTHP. Juga pencermatan dilakukan di internal sediri bersama PPK. Sisir pemilih ganda dan pemilih baru yang belum masuk DPT. Kemudian dari Sekrataris KPU dipaparkan PKPU tentang Garatifikasi  Dan yang terakhir pemaparan terkait Sosialisasi Alat Peraga Kampanye  Pemilu 2019 Provinsi oleh Gogot Baskoro Anggota Komisioner KPU Prov Jatim. Acara diikuti oleh Ketua dan Sekretaris Kab/Kota Se-Jatim.