Kediri, kpu-kotakediri.go.id – Kamis, 20 September 2018 pukul 09.15 WIB di Ruang KPU Kota Kediri dilaksanakan Rapat Pleno Tertutup Penetapan DCT DPRD Kota Kediri pada Pemilu 2019. Rapat dibuka oleh Ketua KPU Kota Kediri Bapak Agus Rofiq dengan bacaan basmalah. Peserta rapat hari ini adalah 5 Komisioner, Sekretaris dan 4 Kasubbag.

Rapat selanjutnya diisi paparan oleh Ibu Pusporini Endah Palupi Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Kediri yang menyampaikan bahwa DCS yang ditetapkan sebelumnya berjumlah 319. Selama proses perbaikan, ada 3 bacaleg yang mengundurkan diri  yaitu dari Partai Persatuan Pembangunan atas nama Sulaiman dari dapil 2 no urut 5, PSI atas nama Arif Setya Wardana dari dapil 3 no urut 5, Partai NASDEM atas nama Alpiyati dari dapil 1 no urut 1. Pengunduran diri atas nama Alpiyati mempengaruhi keterwakilan perempuan maka digantikan oleh calon pengganti perempuan atas nama Hartingah. DCT akhirnya berjumlah 317, dengan jumlah Caleg laki-laki sebanyak 194 dan jumlah Caleg perempuan sebanyak 123, dengan rincian Caleg dari dapil 1 sejumlah 90, dapil 2 sejumlah 96 dan dapil 3 sejumlah 131 Caleg yang semuanya sudah memenuhi keterwakilan perempuan.

Selama proses pencalonan ada 2 tanggapan masyarakat yang masuk terhadap Caleg dari PDI-Perjuangan dan PKS. Dalam DCT  terdapat 2 Caleg dengan status ASN yang SK pemberhentiannya belum turun (masih dalam bentuk Surat Pernyataan) yaitu dari Partai Nasdem dapil 3 atas nama M. Yasin dan dari Partai Golkar dapil 1 atas nama M. Rokim. Penetapan DCT selanjutnya akan dibuatkan Berita Acara dan Surat Keputusan Penetapan DCT. Salinan Berita Acara dan Surat Keputusan Penetapan DCT akan segera dikirimkan ke Partai Politik karena akan dijadikan dasar penyusunan LADK. (iv)