Kediri (17/10) – KPU Kota Kediri mensosialisasikan tahapan kampanye dan Gerakan Melindung Hak Pilih (GMHP) melalui Talkshow di Radio Bonansa FM pada hari Rabu, 17 Oktober 2018 pukul 10.00 WIB. Hadir pada acara tersebut sebagai narasumber Bapak Agus Rofiq selaku Ketua KPU Kota Kediri dan Ibu Anis Iva Permatasari selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi.

Pada kesempatan ini, Agus Rofiq menyampaikan bahwa saat ini telah berlangsung tahapan kampanye oleh peserta pemilu yang dilaksanakan sejak tanggal 23 September 2018 s/d 13 april 2019. Metode kampanye dengan pertemuan terbatas maupun pertemuan terbuka yang dilaksanakan oleh peserta pemilu harus memberikan surat pemberitahuan ke kepolisian dengan tembusan KPU dan Bawaslu sehingga terdapat payung hukum yang kuat dan dapat berjalan dengan aman. Dalam berkampanye peserta dilarang melaksanakan kegiatan tersebut di tempat ibadah, tempat pendidikan dan gedung pemerintahan yang bukan fasilitas umum.

Selain itu, peserta pemilu juga dapat berkampanye menggunakan media sosial maupun media massa dengan waktu terbatas sejak tanggal 24 Maret s/d 13 April 2019 nanti. Adapun kampanye melalui media massa akan diatur oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) terkait keterwakilan dan ketersediaan hak peserta pemilu dalam berkampanye.

Divisi Perencanaan, Data dan Informasi menyampaikan tentang Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang berlangsung sejak tanggal 1 s/d 28 Oktober 2018. Hari ini Rabu, 17 oktober 2018 akan dilaksanakan Uji Publik Serentak Pencermatan DPTHP-1 di Sekretariat PPS se-Kota Kediri. Dalam kegiatan ini, KPU mengajak masyarakat agar berperan aktif melakukan pengecekan daftar pemilih untuk memastikan terdaftar sebagai pemilih di Pemilu 2019. Cek data pemilih dan tanggapan masyarakat atas daftar pemilih bisa dilakukan secara langsung di Kantor Kelurahan atau Posko GMHP di PPS, PPK dan KPU Kota Kediri. Pengecekan ini juga bisa dilakukan melalui aplikasi android “KPU RI Pemilu 2019” dan dengan memasukkan Nama dan NIK ke laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Jika sudah terdaftar akan muncul Nama, alamat dan nomor TPS dimana kelak akan menggunakan hak pilih pada Rabu tanggal 17 April 2019. Apabila belum muncul identitas Anda, maka dapat segera menghubungi Posko GMHP di Kelurahan, Kecamatan maupun KPU Kota Kediri dengan membawa fotokopi KTP dan KK.

Pada akhir sesi, Gus Rofiq menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung kelancaran dan kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018. Harapannya, pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 dapat berjalan lebih baik lagi daripada sebelumnya. (red)