Menjelang hari H penyelenggaraan Pemilu 2019, diharapkan seluruh kebutuhan logistik Pemilu  2019, jauh-jauh hari sudah dipersiapkan secara matang dan optimal baik dari sisi proses pengadaannya maupun kecukupan kebutuhan, harus tepat jenis dan jumlahnya. Sudah barang tentu kesiapan logistik betul-betul sudah kondisi siap, akan mendukung sekali  sukses penyelenggaraan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif 2018 nanti.  Kita tidak bisa membayangkan apabila sampai hari H pelaksanaan Pemilu seluruh logistik yang dibutuhkan belum siap, hampir sudah bisa dipastikan pelaksanaan pemilu akan jadi kacau.  Kemarin hari senin-selasa (12-13/11/2018) KPU Provinsi Jatim menginisiasi menyelenggarakan Rakor bersama KPU Kab/Kota se-Jatim untuk membahas persiapan pengadaan logistik 2018 yang sudah dilakukan KPU Kab/Kota bertempat di kota Pasuruhan. Hadir dalam acara rakor komisioner devisi keuangan, umum dan logistik serta sekretaris.
Rakor ini sangat urgen sekali untuk dilaksanakan, begitu ucap Eko Sasmito ketua KPU Jatim dalam sambutan pengarahannya. Menurutnya KPU Jatim di rakor ini ingin memperoleh informasi data yang akurat terutama pengadaan barang/jasa tertama yang menjadi kewenangan dan tanggung jawab provinsi jatim.  Sebagaimana diketahui bersama saat ini KPU Prov sedang mempersiapkan proses pengadaan  logistik kebutuhan sampul pemilu 2019 berupa logistik sampaul, sudah barang tentu kebutuhan pengadaan sampul tiap kab/kota volume  yang dibutuhkan yang akan berbeda itu diaptikan semuanya akan terfasilitasi.
Selain itu dalam forum rakor ini juga bisa digunakan sebagai forum diskusi untuk menginventarisir  kemungkinan ada permasalahan dan kendala saat melaksanakan proses pengadaan barang/jasa, demikian lanjut ketua kpu jatim.
Lebih lanjut Ketua KPU Jatim berharap agar dalam forum ini bisa dimanfaatkan secara maksimal, lakukan sharring bersama terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan berserta permasalahan2 yang dihadapi sehingga harapannya proses pengadaan logistik baik yang dilakukan provinsi maupun kab/kota terlaksana dengan lancar.
Acara dilanjutkan cecking laporan dari kab/kota terkait jumlah kebutuhan logistik Pemilu 2019 dan kesiapakan proses pengadaan Logistik  kebutuhan du TPS Pemilu 2019. Acara diakhiri pemaparan dari Anggota Komisioner KPU Jatim Devisi Keuangan, Umum dan Logistik.