Bangkok-Tak hanya mengunjungi National Institute of Development Administration (NIDA) dan The Election Commision of Thailand (ECT), muhibah studi kepemiluan yang dilaksanakan Departemen Ilmu Politik Universitas Airlangga juga oleh ECT difasilitasi untuk berkunjung ke kantor pusat salah satu partai politik di Thailand yaitu, Bhumjaithai Party Thailand. Delegasi diterima oleh Juru Bicara Bhumjaithai Party Thailand, Kolonel Settapong Malisuwan, Ph.D. di Bangkok. “Partai kami didirikan pada tahun 2008 dan pada pemilu terakhir memperoleh 34 kursi parlemen” ungkapnya.

“Kami sangat senang dengan kunjungan ini, karena ini bisa menjadi salaah satu media pertukarann ide tentang kepemiluan dan kepartaian” ungkap doktor yang juga pensiunan tentara ini.

Dalam kesempatan tersebut, delegasi dari Universitas Airlangga diajak untuk melihat suasana kantor partai ini. “Kantor ini milik kami sendiri, dan dibagun atas donasi para anggota, kami mewajibkan orang yang mendaftar menjadi anggota untuk membayar 70 Bath” ungkapnya. Suasana kantor terlihat seperti suasana kantor pemerintah, dimana banyak pegawai melakukan pekerjaan. Pirtai ini memanfaatkan kantornya untuk memproduksi kampanye partai yang kemudian diunggah di Facebook, Youtube dan sejumlah sosial media. “Di kantor ini pula, think thank kami bekerja, karena kami tidak mengontrak konsultan dari luar partai, dan kami merekrut anggota untuk mengelola data, merumuskan program, dan melaksanakan kampanye” tegas Settapong Malisuwan.

Dari kunjungan tersebut, Dr. Kris Nugroho, M.A, Kepala Departemen Ilmu Politik FISIP Unair mengungkapkan, jika partai ini mengelola kantornya dengan cukup efektif, karena mampu memanfaatkan kantornya dengan banyak kegiatan. (SUB)