KPU Kota Kediri hari ini (15/12) melaksanakan sosialisasi Tahapan Pemilu 2019 dengan Komunitas disabilitas Kota Kediri. Sekitar 60 penyandang disabilitas Tuna rungu, tuna Grahita, tuna daksa dan disabilitas lainnnya beserta pendamping hadir dalam kegiatan yang digelar di Rumah Pintar Pemilu “Kilisuci” KPU Kota Kediri tersebut.
Dalam sambutan pembukaannya, Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik mengucapkan terima kasih kepada teman-teman difabel yang telah hadir pada acara tersebut dan mendorong kepada mereka untuk dapat berperan aktif dalam Pemilu 2019. “Bapak Ibu sekalian selain bisa menjadi Pemilih, juga bisa menjadi Penyelenggara Pemilu baik sebagai Pengawas maupun Pelaksana Pemilu, Bapak ibu sekalian bisa menjadi petugas KPPS yang proses rekruitmennya diperkirakan pada bulan februari 2019 atau bisa juga menjadi relawan demokrasi yang akan kita (KPU Kota Kediri) bentuk pada bulan januari mendatang” tutur Agus Rofik. Ditambahkan juga oleh agus rofik bahwa untuk menjadi penyelengara pemilu selain butuh kemauan dan keinginan, harus juga mampu dan memahami tata laksana Pemilihan Umum yang bisa dipelajari oleh penyandang disabilitas.
Sosialisasi dengan disabilitas ini merupakan kali pertama dilaksanakan oleh KPU Kota Kediri untuk mensosialisasikan tahapan Pemilu 2019 dan masih ada beberapa kegiatan lagi yang direncanakan oleh KPU Kota Kediri terkait sosialisasi dengan penyandang disabilitas. “Kami (KPU Kota Kediri) untuk kegiatan hari ini hanya dapat menghadirkan kurang lebih 60 penyandang disabilitas karena keterbatasan ruangan dan fasilitas yang ada, kedepan beberapa kegiatan sosialisasi lagi bersama komunitas disabilitas” ungkap wahyudi Komisioner KPU Kota Kediri yang membidangi sosialisasi.


Selain mendengarkan materi sosialisasi yang disampaikan oleh Anis Iva Permana Sari Komisioner KPu Kota Kediri, para penyandang disabiltas juga diminta untuk simulasi pencoblosan surat suara dan memasukkan surat suara ke Kotak Suara serta diakhiri dengan Pemberian Cap Tangan pada papan “DEKLARASI DUKUNG PEMILU 2019 YANG AKSESSIBEL”. KPU Kota Kediri berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan terkait Pemilu 2019 serta menggungah kepedulian komunitas disabilitas Kota Kediri terhadap pelaksanaan Pemilu 2019.

Perlu diketahui bahwa di Kota Kediri sesuai dengan Daftar Pemilih tetap hasil Perbaikan Kedua terdapat 808 penyandang disabilitas yang tersebar 245 di Kecamatan kota, 397 di Kecamatan Pesantren dan 166 di Kecamatan Mojoroto(MW)