Menjelang akhir tahun 2018  di bulan Desember ini, seluruh Satker KPU se-Jatim telah menerima Pagu DIPA 2019 dan RKA K/L. Selanjutnya terhadap RKA K/L 2019 yg telah disampaikan tersebut, perlu dibedah dan dilakukan pencermatan apakah alokasi anggaran dalam Dipa tersebut sudah mencukupi untuk memfasilitasi seluruh kegiatan  atau masih ada alokasi anggarannya yang kurang. Kemudian juga perlu dilakukan pencermatan yang detail apakah kebutuhan tahapan pemilu sudah terangkum dan terfasilitasi semuanya apa belum. Sehingga manakala masih ada permasalahan, baik itu alokasi anggaran yang belum mencukupi, atau ada kebutuhan kegiatan tahapan yang belum terakomodir di dalam DIPA maka akan manjadi DIM ( Daftar Inventarisasi Masalah)  dan dicarikan solusi untuk tindaklanjutnya, demikian ungkap Eko Sasmito Ketua KPU Prov Jatim.
Mengingat proses tahapan pemilu harus terlaksana terlaksana dengan lancar dan sukses, maka untuk mengakomodir  DIM yang ada dalam RKA K/L 2019 Kab/Kota, selama 3 hari (19-21/12/2018) bertempat di Aston Madiun Hotel & Conference Center, Menurut Ketua KPU Provinsi Jatim, perlu digelar Rapat Koordinasi Penyusunan Anggaran Pemilu 2019 bersama Kab/Kota se Jatim dengan menghadirkan seluruh komisioner dan sekretaris untuk menyamakan persepsi terhadap kebutukan anggaran pemilu 2019.

Kemudian HM. Eberta Kawima selaku Sekretaris KPU Provinsi Jatim menyanpaikan penjelasan infirmasi bahwa dari hasil pencermatan dalam RKA K/L tahun 2019 Prov Jatim yang telah dilakukan, bahwa dalam DIPA 2019 Prov. Jatim masih dujunpau adanya beberapa rincian kegiatan yang  alokasi anggarannya belum mencukupi untuk mensuport kegiatan, dan bahkan ada kegiatan urgen tahapan pemilu yang tidak terakomodir   dan masih bolong. Menurutnya apabila DIM ini tidak tersesesaikan bisa menghambat dan menjadi permasalahan untuk sukses penyelenggaraan Pemilu 2019 dan kebutuhan untuk fasilitasi KPU dan Sekretariat KPU. Oleh karena itu menurutnya dalam rakor ini menjadi sangat penting dan straregis sekali harus dilaksanakan, karenanya RKA K/L yang telah dicermati Kab/Kota manakala ada DIM, maka untuk  diformulasikan dan  dicarikan langkah-langkah untuk saran tindaklanjutnya. Dan dalam Rakor ini juga dijadikan sebagai wahana untuk memonitoring terhadap tahapan pemilu 2019 yang dilaksanakan pada tahun 2018 se Jawa Timur.
Selanjutnya agar lebih fokus dan detil dalam pembahasan anggaran 2019, KPU Jatim membagi pembahasan  prnyusunan anggaran 2019 dalam 5 classroom sesuai tupoksi masing  Divisi yaitu :
1. Divisi Keuangan, Umum, Logistik dan Rumah Tangga bersama Sekretaris.
2. Divisi Perencanaan, Data dan Informasi
3. Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM
4. Divisi Teknis Penyelenggaraan
5. Divisi Hukum dan Pengawasanan
Hal lain yang sangat penting untuk menjadi perhatian dan segera diselesaikan yaitu penyelesaian laporan keuangan tahun 2018. Disarankan kepada teman2 dijajaran sekretariat agar dalam menyelesaikan SPj tidak hanya jalan, tetapi lari cepat untuk sesegera mungkin menyelesaikan Laporan Keuangan 2018.
Berdasar laporan hasil pembahasan masing-masing divisi dapat disimpulkan, bahwa:
1. Dalam RKA K/L 2019 masih ada beberapa program kegiatan belum teralokasi secara penuh baik volume kegiatan maupun kecukupan anggaran.
2. Masih  ada kebutuhan dasar di tahapan pemilu 2019, yang belum terakomidir dan tercover baik kegiatan maupun untuk ketersediaan anggarannya.
3. Perlu adanya penambahan anggaran terhadap kegiatan yang belum tercukupi.
4. Terhadap kebutuhan dasar pemilu yang rincian kegiatannya belum tercover dalam RKA K/L 2019 agar dimasukkan, termasuk alokasi anggaran yang dibutuhkan.
5. Solusi dan saran tindaklanjut terhadap seluruh DIM  yabg dibahas dalam rakor penyusunan anggaran 2019 se Jatim, akan dikoordinir KPU Provinsi dan selanjutnya segera diajukan ke KPU RI.
Acara terakhir pemberian penghargaan KPU Prov Jatim kepada KPU Kab/Kota dengan katagori penghargaan penyelenggara Pemilu 2019 terbaik:
1. Tingkat Partisipasi Pemilih
2. Pengelolaan Daftar Pemilih.
3. Pengelolaan Logistik dan Keuangan.
4. Teknis Penyelenggaraan Terbaik
5. Pengelolaan Dokumentasi Hukum  Terbaik.
6. Operator Sidalih Terbaik dalam Pengelolaan Pemilu 2019.