KEDIRI – Amanat SE KPU RI Nomor 1543/PL.02.1-SD/01/KPU/XII/2018 tanggal 21 Desember 2018 Perihal Pencetakan by name DPTHP2, Rekap DPK dan DPTb agar KPU berkoordinasi dengan Disdukcapil terkait pemilih AC dan pemilih Lapas yang belum mempunyai dokumen kependudukan (KTP-el). Selain itu, Permendagri Nomor 471.13/24150/DUKCAPIL Tanggal 17 Desember 2018 menginstruksikan Pelayanan Jemput Bola Perekaman KTP-el Serentak Secara Nasional pada hari Kamis (27/12) sejak pukul 08.00 s/d selesai. Gerakan serentak nasional ini bertepatan dengan jadwal Dispendukcapil Kota Kediri melakukan jemput bola perekaman KTP-el di Kelurahan Bandar Lor Kecamatan Mojoroto.

Pelayanan perekaman KTP-el ini berlangsung sangat cepat. Dimulai dari pengumpulan berkas administrasi, hingga pengambilan foto, spesimen tanda tangan, perekaman sidik jari dan iris mata berlangsung kurang dari 5 menit.

Dengan adanya perekaman KTP-el jemput bola ini, diharapkan dapat tercapai tertib adminduk (administrasi kependudukan) dan juga dapat memenuhi hak pemilih pada pemilu 2019 hari Rabu, 17 April 2019 nanti.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri telah melakukan pelayanan jemput bola perekaman KTP-el sejak jauh-jauh hari bahkan sebelum keluarnya Permendagri 471.13 ini, sampai saat ini sudah mencapai 93% target pencapaian melebihi daerah-daerah lain. Dispendukcapil pun gencar melaksanakan perekaman KTP-el pada event car free day dan di pusat perbelanjaan pada hari Sabtu dan Minggu.” tutur Pak Bachri selaku koordinator pelayanan jemput bola perekaman KTP-el Dispendukcapil Kota Kediri. (red)