Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menggelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk 55 anggota Relawan Demokrasi (Relasi) hari ini, Minggu (27/1/2019) bertempat di bengkel Cafe, Tosaren, Kota Kediri. Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq mengatakan, bimbingan ini dilakukan untuk memantapkan tugas sosialisasi politik yang diemban para anggota Relasi tersebut di tengah masyarakat.

“Kami berharap, Relasi ini akan mendukung upaya kita untuk mencapai target partisipasi pemilih, yakni 80 persen di kota Kediri. KPU Kota Kediri menghadirkan sejumlah narasumber baik dari dalam maupun luar KPU Kota Kediri. Di antaranya, praktisi komunikasi Kota Kediri, Rofik Huda.

Usai dikukuhkan para relawan demokrasi ini langsung mengikuti bimbingan teknis (bimtek) agar mereka lebih paham tugas dan fungsi relawan demokrasi. “Dari 55 relawan ini kita bagikan 10 basis dengan masa kerja dari bulan Februari sampai dengan April, tiga bulan masa kerja. Nantinya relawan ini akan kita turunkan di lapangan, mereka akan membuat pemetaan terkait dengan rencana kegiatan sosialisasi mereka dilapangan,” terang M wahyudi, Komisioner Divisi Parmas dan SDM, KPU Kota Kediri. M Wahyudi, menjelaskan, bimbingan teknis tersebut terkait materi apa saja yang akan mereka sampaikan di lapangan, diantaranya kepada komunitas tentang pemilu. Relawan akan menjelaskan pentingnya pemilu dan juga demokrasi, kenapa demokrasi itu perlu dan harus dijalankan. “Nah, nanti itu yang akan mereka sampaikan di lapangan mulai dari persoalan daftar pemilih dalam pemilu, teknis penyampaian terkait dengan hari, tanggal, bulan dan tahun tentang pelaksanaan pemilu serentak 2019”, pungkas M Wahyudi. (SS)