Rabu 13-februari-2019

KPU Kota Kediri gencar mensosialisasikan demi mensukseskan pemilu 2019, Kali ini KPU Kota Kediri talk Show di Radio Bonansa FM, talk Show pada Rabu (13/02/2019) di hadiri langsung oleh komisioner KPU, Anis Iva Permatasari, Sp. Devisi perencanaan,Data,Dan Informasi.
Pada talk show kali ini,Ibu Iva menghimbau kepada masyarakat kota kediri,jangan khawatir bagi masyarakat yang tidak  berada di domisili mereka lahir/sedang kerja di luar kota sehingga tidak memungkinkan untuk pulang,maka untuk segera mengurus A5 di KPU tempat mereka berada,namun Pemilu kali ini beda dengan 2014,Hak surat suara untuk masyarakat hanya bisa mendapatkan hak pilih yang sesuai dengan dapil mereka berasal,masyarakat tidak diperbolehkan mencoblos calon yang tidak sesuai dengan dapil Mereka. ketika mereka bertempat di luar provinsi maka mereka hanya akan mendapatkan surat suara untuk Pilpres saja. Ini merupakan bentuk untuk menghindari dari mobilisasi.
Ibu Iva juga menjelaskan “ bagaimana cara ngurus A5? Bagi yang masih bisa balik ke tempat mereka berasal maka mereka wajib mengurus di TPS mereka berasal,nah jika tidak memungkinkan untuk pulang ke tempat mereka,maka bisa di KPU Tempat mereka berada,dengan syarat mereka harus sudah terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap), nah bagi kalian yang bingung bagaimana cara mengecek sudah terdaftar apa belum,kalian bisa kunjungi website di alamat www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id Setelah sudah  terdaftar maka di screen shote dan di print out,serta membawa Fc E-KTP dan dibawa ke KPU terdekat. Jika belum terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap ) berarti masyarakat harus kembali ke tempat tinggalnya untuk mengurus agar terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap).”
Talks show kali ini begitu menarik karena ada sesi tanya jawab bagi pendengar perihal pemilu 2019 yang belum di fahami,salah satunya Ibu Lia dari Mojoroto Kota Kediri,Ibu Lia menanyakan, “Bagaimana cara mencoblos bagi orang tua yang tidak bisa jalan ke TPS karena kondisinya kurang baik.”
“ Kalau bisa diantar oleh keluarganya tidak apa-apa saat pencoblosan,mereka boleh didampingi dengan syarat tidak meminta untuk memilih calon tertentu. Jika memang keluarganya tidak faham tentang calonnya,maka boleh memberi penjelesan, Kalau memang orangnya tidak bisa kemana-mana,maka bisa di wakilkan dengan syarat yang berlaku,” Tutur Ibu Iva

Di akhir episode Ibu Iva Berpesan Kepada Mayarakat Kota Kediri, “Bagi warga pendatang maupun warga asli kota Kediri,untuk seger melihat namanya di www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id juga bisa unduh aplikasi KPU RI PEMILU 2019 atau bisa dicek info pemilu .Jika nama kalian belum terdaftar maka segera mengurus agar bisa mencoblos 17 April 2019 nanti.Ingat suara anda menentukan nasib bangsa.”

 

(SM)