Jakarta (25-28 maret 2019), KPU Kota Kediri yaitu Divisi Hukum dan Kasubbag Hukum mengikuti Konsolidasi Nasional dalam rangka Penyelesaian Sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Anggota DPR,DPD,DPRD Prov, DPRD di Hotel Harris Vertu.

Pelaksanaan Kegiatan dimulai Pukul 19.00 Wib dan acara dibuka oleh ketua KPU RI Bapak Arif Budiman dan dilanjutkan pengarahan  dari Anggota KPU terkait kesiapan KPU dalam penyelesaian sengketa, acara hari pertama selesai pukul 23.45 dan dilanjutkan hari kedua yang dimulai pukul 08.00 wib , materi  pembahsan  Dana Kampanye dengan narasumber  Andi krisna dilanjut materi berikutnya hukum acara , mekanisme,tahapan dan jadwal penyelesaian perkara PHPU DPR dan DPRD,DPD serta Presiden dan Wakil Presiden, Dan Penanganan perkara PHPU Tahun 2019 berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan narasumber dari Mahkamah konstitusi.

Acara selanjutnya diisi oleh Bawaslu RI dengan materi Peranan Pengawasan Bawaslu sebagai pihak terkait dalam perkara PHPU DPR,DPD,DPRD Prov, DPRD Kab/Kota serta Presiden dan Wakil Presiden 2019 .

Setelah Isoma dilanjut materi berikutnya yaitu SOP fasilitasi penyelesaian sengketa perselisihan hasil pemilihan umum dengan narasumber bapak Sigit Joyowardono.lanjut lagi ke materi Pengawasan Internal Terhadap Kode Etik Penyelenggara Pemilu Dan Kode Perilaku Penyelenggara  Pemilu narasumber ibu Evi Novida Ginting Manik kemudian isoma dan lanjut materi berikutnya  srtategi KPU sebagai Termohon Dalam Menghadapi Penyelesaian Perkara  PHPU DPR,DPD,DPRD Prov, DPRD Kab/Kota serta Presiden dan Wakil Presiden 2019. Dan pukul 21.00 dilanjutkan simulasi SOP Fasilitasi Penyelesaian Hasil Pemilihan Umum sampai pukul 24.00 Wib

Keesokan harinya yaitu hari kamis tanggal 28 maret 2019 dilakukan evaluasi  dan kesimpulan kemudian Penutupan acara dilakukan  pukul 10.00 wib sampai selesai. (HN)