Home / Berita Terkini / TINDAKLANJUTI SE 942, KPU KOTA KEDIRI BUKA KOTAK SUARA

TINDAKLANJUTI SE 942, KPU KOTA KEDIRI BUKA KOTAK SUARA

Siang ini (senin, 8/7) di ruang Rumah Pintar pemilu, KPU Kota Kediri melaksanakan pembukaan Kotak Suara rekapitulasi Tingkat kecamatan yang berisi Formulir Daftar Hadir Pemilih. Kegiatan ini dihadiri oleh 5 Komisioner KPU Kota Kediri, Bawaslu, Kepolisian. Adapun partai pilitik yang hadir adalah Gerindra, Nasdem, PKS, PPP, PSI, PAN dan PKPI.
Sebelum pembukaan kotak suara, Pusporini ketua KPU Kota Kediri menyampaikan bahwasannya pembukaan kotak ini merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran KPU RI Nomor 942 tanggal 25 Juni 2019 tentang pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang mana salah satu poin yang ada di surat tersebut adalah KPU Kab Kota mempersiapkan daftar pemilih Khusus (DPK) untuk input kedalam SIdalih. Dalam hal formulir Model A.DPK-KPU terdapat didalam kotak, maka KPU Kab/Kota agar membuka kotak dan mengambil formulir Model A.DPK-KPU dengan berkoordinasi dengan Bawaslu setempat, Kepolisian dan Pihak-pihak terkait.


Mansur, ST ketua Bawaslu Kota Kediri saat diminta untuk memberi tanggapan terkait pembukaan kotak menyampaikan bahwa Bawaslu dalam kegiatan ini hanya sebatas mengawasi “Kita (Bawaslu Kota Kediri) hadir di sini hanya mengawasi proses pengambilan formulir Model A.DPK-KPU sebab sesuai dengan UU 7 Tahun 2017 sebenarnya tidak diperbolehkan membuka kotak suara bila tidak ada Perselisihan hasil Pemungutan Suara (PHPU) sedangkan di Kota Kediri disinyalir tidak ada PHPU, tetapi karena ini merupakan tindaklanjut dari surat edaran KPU RI, nanti kami akan menyampaikan hasil pembukaan ini ke Bawaslu propinsi untuk diteruskan ke Bawaslu RI” ungkap Mansur.


Pasca pengambilan formulir tersebut, KPU Kota Kediri akan menginput data pemilih yang ada di Formulir ke Sistem Pendataan Pemilih (Sidalih) guna pemutakhiran data pemilih berkelanjutan

Tentang admin

Lihat Juga

Kupas Tupoksi Divisi Sosdiklih Parmas Sdm dan litbang, KPU Kota Kediri Bedah PKPU 8 Tahun 2019

Hari ini Rabu (06/11) KPU Kota Kediri laksanakan bedah Peraturan KPU No 08 Tahun 2019 …