KPU Kota Kediri merencanakan andil bagian dalam kegiatan Pemerintah Kota Kediri yang bertajuk KEDIRI NIGHT CARNIVAL yang akan digelar pada sabtu, 24 Agustus mendatang. Mengusung konsep kawulo prajurit, direncanakan personil sekretariat KPU Kota Kediri berdandan pakaian sorjan, membawa pedang dan perisai.

Wahyudi, komisioner divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat saat mendampingi latihan kekompakan prajurit menyampaikan bahwa konsep yang diusung nantinya hampir sama dengan peserta lain karena memang panitia kegiatan saat tehnical meeting menyampaikan bahwa kategori dalan kediri night festival tahun ini terdiri dari dua hal, yaitu kategori prajurit dan fashion show. Yang menarik dari pasukan KPU Kota Kediri adalah jumlah prajurit yang dilibatkan dipastikan lebih banyak dari peserta lainnya karena sebagai lembaga penyelenggara pemilu, KPU Kota Kediri merencanakan membawa simbol 16 partai. Aturan Panitia jumlah peserta tiap barisan adalah 13 orang, 12 sebagai prajutir dan 1 orang komandan, tapi KPU Kota Kediri akan melibatkan 17 orang, 16 orang akan kita persenjatai perisai yang bergambar simbol partai politik dan seorang lagi sebagai komandan sekaligus membawa perisai berlogo KPU. ” Jumlah Partai Politik peserta Pemilu 16 partai, jadi nggak mungkin kita hanya membawa 13 orang. Kita (KPU) sebagai penyelenggara pemilu harus adil dalam melayani peserta pemilu sehingga kita paksakan membawa 17 prajurit” tutur wahyudi.

Selain membawa simbol 16 partai politik, hal menarik lainnya adalah aba-aba untuk prajurit menggunakan bahasa jawa. Dwijo Subroto staf teknis KPU Kota Kediri yang akan menjadi komandan peleton menyampaikan agak kesulitan memahami bahasa jawa yang dipakai memberikan aba-aba karena tidak terbiasa. “Saya asli surabaya, bahasa jawanya surabaya beda sedikit berbeda dengan disini, kalau kata-kata cok..cok..(bahasa suroboyoan) gampang, lha ini saya harus bilang Prajurit…..magito-gito, sampai saya keliru sebut magito jadi sagito” ungkap dwijo sambil ketawa.

Perlu diketahui bahwa sabtu besok pelaksanaan Kediri Night Carnival akan diberangkatkan oleh Walikota Kediri pukul 19.00 WIB dengan didahului registrasi dan persiapan peserta mulai pukul 15.00 – 18.00 WIB.

yud