Home / Berita Terkini / TANTANGAN KPU KEDEPAN LEBIH BERAT, PEMILU DAN PIMILIHAN BERHIMPITAN

TANTANGAN KPU KEDEPAN LEBIH BERAT, PEMILU DAN PIMILIHAN BERHIMPITAN

jakarta: Ketua KPU RI Arif Budiman menyampaikan bahwa tantangan penyelenggara pemilu diwaktu yang akan datang lebih berat dikarenakan pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan pada Tahun 2024 sangat dekat. Hal ini disampaikan saat memberikan pengarahan pada Konsolidasi Nasinal divisi SDM dan Partisipasai Masyarakat di Aston Kartika Hotel Jakarta (minggu, 22/9).

Sesuai dengan undang-undang pemilu menyebutkan bahwa pelaksanaan pilkada serentak 2024 pada bulan september 2024 sedangkan pemilu dilaksanakan pada bulan april, jarak kedua pemilu tersebut sangat dekat. “Kelelahan pastinya akan menumpuk saat undang-undang tidak dirubah, April menyelenggarakan Pemilu, septembernya Pilkada serentak. Bisa dibayangkan bagaimana kelelahan dari penyelenggara pemilu dan peserta pemilu pada tahun 2024” tutur arif budiman.

Selain menyampaikan hal tersebut, Arif Budiman juga menyampaikan bahwa prestasi pelaksanaan pemilu 2019 diapresiasi oleh banyak pihak, terutama terkait dengan partisipasi masyarakat yang mencapai 82 %, prestasi terbaik dalam partisipasi masyarakat pasca pemilu 1999 yang mencapai 96 %. Selain itu juga kecepatan KPU dalam menyajikan data di Situng yang mencapai 99,6%. Situng digunakan oleh banyak pihak untuk rujukan terkait data pemilu yang pada pemilu sebelumnya belum digunakan secara maksimal.

Prestasi tersebut ditambahkan oleh arif budiman merupakan hasil kerjasama dan koodinasi yang baik oleh Divisi SDM. Dengan banyak latar belakang masing-masing penyelenggara pemilu, divisi SDM menyatukan itu untuk melaksanakan pemilu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Yud

Tentang admin

Lihat Juga

Dokumentasi Data Hasil Pemilu

KPU Provinsi Jawa Timur hari ini (17/10) melaksanakan Rakor Pengelolaan Data Calon Terpilih Hasil Pemilu …