Bangkalan – Bertempat di Kantor KPU Kabupaten Bangkalan, JL. R. E Martadinata Nomor 1A Mlajah Bangkalan, KPU Kota Kediri bersama Operator SAIBA Isma Syaiful Huda, S.Sos beserta Operator SIMAK – BMN Donny Hendrawan menghadiri Rapat Rekonsiliasi Wilayah (SIMAK BMN dan SAIBA) Triwulan 3 KPU Provinsi dan KPU Kabupaten / Kota Se- Jawa Timur yang diadakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur. Acara yang dijadwalkan selama 2 (dua) hari, 10-11 Oktober 2019 ini dihadiri oleh peserta seluruh Operator SAIBA dan Operator SIMAK-BMN KPU Se-Jawa Timur.

Muhammad Eberta Kawima selaku Sekretaris KPU Propinsi Jawa Timur menyampaikan laporan kegiatan pada rapat Rekonsiliasi Wilayah (SIMAK-BMN dan SAIBA) Triwulan 3 di KPU Bangkalan (Kamis, 10/10). Dalam sambutannya Sekretaris KPU Jatim menyampaikan bahwa kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari yang diikuti oleh 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. “Rekonsiliasi Wilayah tersebut merupakan bagian kegiatan rutin yang dilakukan untuk penyamaan persepsi antara data SIMAK BMN dan data SAIBA milik KPU Kabupaten / Kota dengan Provinsi Jawa Timur, untuk kemudian disinkronkan dengan milik KPU RI. Hal tersebut merupakan perwujudan dari pelaksanaan Sistem Akuntansi Instansi (SAI)” terangnya.

Seperti acara-acara rekonsiliasi sebelumnya yang bertindak selaku narasumber acara dari KPU Republik Indonesia yakni Dwi Rismala dan Galuh selaku memegang aplikasi SAIBA dan SIMAK-BMN untuk satker wilayah dibawahnya. Operator SAIBA dan SIMAK BMN di masing KPU Kabupaten / Kota dipanggil satu persatu untuk mencocokan data pada Aplikasi dengan menyerahkan soft copy bukti pendukungnya.

Selain itu, pada Acara Rekon Wilayah tersebut juga dibahas mengenai permasalahan – permasalahan yang terjadi ketika pelaksanaan rekonsiliasi berlangsung, dengan tujuan agar dapat ditemukan solusi ketika terjadi permasalahan kedepan. (dny)