(31/10) KPU Jawa Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis Strategi Sosialisasi dalam rangka peningkatan Partisipasi Masyarakat KPU Kab/Kota Se-Jawa Timur di KPU Kab. Bondowoso. Sebagai peserta dalam bimbingan teknis ini adalah Divisi Parmas SDM KPU Kab/Kota Se Jawa Timur dan Kasubbag Teknis hupmas KPU se Jawa Timur.

Hoax efektif dicounter tidak cukup dengan sekedar klarifikasi ataupun konferensi pers. Menurut wahyu(Kartunis Jawa Pos), “sejauh ini metode yang paling efektif menyangkal hoax adalah dengan kartun/meme yang lucu, simpel dan mengena”. Oleh karena kebanyakan metode hoax adalah menggunakan bahasa negatif marketing dengan judul bombastis, menimbulkan ketakutan, sumber berita tidak jelas, tidak ada klasifikasi dari sumber utama dan selalu disertai dengan instruksi “sebarkan/viralkan” dan sebagainya. Lebih gampang lagi cara mudah mendeteksi media sumber hoax adalah dengan melihat nama media tersebut memakai variasi nama dari media online mainstream misal “detikutama”, “CNN terkini” dan sebagainya.

Selama hampir 2 jam Wahyu kokang yang merupakan jurnalis/kartunis Jawa pos memberikan uraian sesi 2 Bimtek tentang bagaimana membuat ilustrasi kartun yang efektif untuk menangkal hoax di dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah. Bimtek yang sedianya dilaksanakan selama 3 hari tersebut merupakan usaha KPU Jawa Timur dalam mempertahankan pencapaian partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah serentak 2020 tetap tinggi. AS