Senin (11/11) KPU Kota Kediri dalam hal ini Ketua KPU dan Divisi Hukum menghadiri acara Seminar Nasional Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 Tahap II yang diadakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur di Malang. Selain Ketua KPU dan Divisi hukum Se Jawa Timur , acara tersebut juga dihadiri oleh LSM, Mahasiswa dan Partai Politik.

Materi dari Bawaslu Provinsi Jawa Timur disampaikan oleh Muh. Ikhwanuddin Alfianto yaitu mengenai Catatan pengawasan dan Data Pemilu Tahun 2019. Disampaikan oleh beliau bahwa semua penanganan pelanggaran administrasi baik putusan administrasi (perbawaslu 8/2018) dan rekomendasi penertiban APK (perbawaslu 7/2018) dilakukan sesuai mekanisme dan prosedur yang tertuang dalam Perbawaslu. Kemudian sebagai saran perbaikan Pemilu yang akan datang beliau juga menyampaikan perlu adanya penyempurnaan dan keterpaduan regulasi, adanya sinergi antar lembaga penyelenggara, dukungan SDM dan sarana/fasilitas yang lebh baik dan optimalisasi sistem informasi yang terukur,auditabel dan aman.

Sedangkan Materi dari KPU Provinsi Jawa Timur disampaikan oleh Insan Qoriawan selaku Divisi Teknis Penyelenggara KPU Jawa Timur. Beberapa catatan disampaiakn oleh Insan antara lain meliputi penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi, pencalonan serta pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dan lain lain. selain itu beliau juga menyoroti persoalan dalam regulasi yang dibuat oleh KPU yang seringkali diubah beberapa kali dan diterbitkan berbarengan pada saat tahapan pelaksanaan Pemilu berlangsung.