Jakarta: Ketua KPU RI Arif Budiman menegaskan bahwa KPU merupakan lembaga yang unik, didalamnya terdapat Manajer dan Leader. Sekretaris adalam representasi manajer sedangkan Leader merupakan komiisoner KPU yang pengambilan keputusannya secara kolektif koligial. Itu yang disampaikan Arif Budiman saat membuka Orientasi Tugas anggota KPU Kabupaten Kota gelombang 8 Tahun 2019 di Jakarta (selasa 12/11).

Menjelaskan terkait hal itu, arif budiman menyampaikan bahwasannya dalam kelembagaan KPU memang ada Manajer dan Leader yang keduanya mempunyai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Komisioner KPU sebagai leader harus mempunyai inovatif, create value, developed, focus on people, inspires trust, out of the box, carismatic, enambler and empower. Sedangkan sekretaris KPU sebagai manajer konsepnya adalah menjalankan kebijakan dan aturan yang ada, sehingga seorang sekretaris harus memiliki kemampuan administrator, counting value, focus on system and stucture, realize on cotrol.

Ditambahkan oleh arif budiman, Seorang Leader harus mempunyai kemampuan untuk berinovasi untuk kemajuan lembaga. Begitu juga dengan sekretaris KPU harus juga memiliki kemampuan administrator terhadap semua hal yang talah dilakukan.

Perlu diketahui bahwa Ketua dan anggota KPU Kota Kediri beserta sekretaris, saat ini sedang mengikuti orientasi tugas anggota KPU Kabupaten Kota. Kegiatan Orientasi Tugas dilaksanakan tanggal 12 – 16 Nopembar 2019 di Jakarta. Yud