Bertempat di The Balava Hotel malang pada 16/19 seluruh komisioner divisi hukum serta kasubag hukum se provinsi Jawa Timur mengikuti bimbingan teknis yang di selenggarakan oleh KPU Provinsi Jatim. Acara tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam pemahaman dan kesiapan pembuatan dokumen produk hukum yang  bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan kaidah dan asas-asas tata naskah dinas yang berlaku, sehingga seluruh produk hukum yang dihasilkan dapat d pertanggung jawabkan secara hukum.

Dengan harapan peserta dapat mengetahui dan memahami aspek umum politik hukum pembentukan Peraturan Perundang-Undangan dan aspek Legal terhadap kedudukan Peraturan dan Keputusan KPU dalam Sistem Hukum Indonesia (SHI).

Arbayanto selaku divisi hukum KPU provinsi Jawa Timur menyampaikan, agar seluruh peserta benar- benar mengikuti Bimtek dengan baik  sehingga harapanya  seluruh KPU Kabupaten /Kota bisa mumpuni dalam pembuatan dokumen produk hokum yang sesuai dengan kaidah dan asas tata naskah dinas yang berlaku.

Dalam empat hari kedepan terdapat beberapa materi dari beberapa Narasumber baik dari akademisi maupun dari kedinasan. Dengan diawali pre tes seluruh peserta di uji kemampuan dan pengetahuanya di bidang pembuatan peraturan sebelum mendapatknan materi dari para narasumber. Di hari ketiga diberikan materi bagaimana atau teknis penyusunan peraturan dan keputusan dilingkungan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Setelah selesai pemberian materi akan ada praktek pembuatan atau penyusunan peraturan dan keputusan . Setelah itu akan ada post tes untuk mengukur sejauhmanan para peserta memahami dan menangkap seluruh materi yang sudah d berikan oleh para narasumber. Kemudian acara akan di tutup pada hari ke empat yaitu hari selasa. HN