Pasuruan: Ketua KPU RI Arif Budiman menyampaikan bahwa KPU siap melaksanakan pemilu kapanpun. Hal ini disampaikan saat memberikan pengarahan dalam kegiatan Rapat Pimpinan perencanaan program dan anggaran Tahun 2020 KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU Kabupaten Kota Se-Jawa Timur di Pasuruan (Rabu, 04/12).

Statemen tersebut muncul karena banyaknya polemik yang mempertanyakan apakah pemilu yang akan datang dilaksanakan serentak atau tidak. Arif Budiman menyampaikan bahwa kinerja KPU sudah teruji saat melaksanakan Pemilu 2019. “Kapanpun Pemilu dilaksanakan, KPU siap melaksanakan pemilu yang Langsung, umum bebas rahasia jujur dan adil. Penggunaan E-Rekap dalam pemilu yang akan datang diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah proses rekapitulasi hasil pemilu” tutur Arif Budiman.

Diakhir pengarahannya Ketua KPU RI mengharapkan kepada semua KPU Kabupaten Kota terutama yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah di Tahun 2020 untuk benar-benar mencermati aturan. “PKPU dibuat tidak tiap Pemilihan, jadi selama tidak ada perubahan PKPU maka PKPU yang ada masih berlaku” imbuh Arif Budiman. Yud