Kediri: KPU Kota Kediri merencanakan digitalisasi informasi dan hasil pemilu 2019, hal ini tertuang dalam KERANGKA ACUAN KERJA/TERM OF REFERENCE Dokumen Teknis Pemilu Legisatif, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden TAHUN 2020 yang disusun oleh sub bagian Teknis dan Hupmas KPU Kota Kediri pada Rapat penyusunan program dan anggaran Tahun 2020 (Kamis, 19/12).

Komisioner KPU Kota Kediri divisi SDM, SOSDIKLIH PARMAS dan LITBANG menyampaikan bahwa perkembangan teknologi informasi menuntuk KPU Kota Kediri untuk dapat menyajilan data dan informasi kepemiluan yang mudah diakses oleh masyarakat dan stake holder terkait, maka perlu melaksanakan digitalisasi hasil pemilu 2019 dan menyebarluaskan informasi pemilu dan pemberitaan kegiatan KPU kepada masyarakat melalui website, Media Sosial dan Media Center yang dipunyai oleh KPU Kota Kediri. Untuk melaksanakan hal tersebut KPU Kota Kediri merencanakan pada tahun 2020 menginventarisir dokumen yang memuat informasi pemilu KPU Kota Kediri, mendigitalisasi dokumen-dokumen tersebut dan menata sesuai dengan waktu dan masa retensinya serta mempublikasikan melalui website KPU Kota Kediri. Ditambahkan oleh Wahyudi, selain publikasi melalui website, KPU Kota Kediri juga merencanakan publikasi data dan informasi tersebut melalui fasilitas yang ada di Rumah Pintar Pemilu Kilisuci KPU Kota Kediri sehingga masyarakat tidak hanya dapat belajar tentang kepemiluan di RPP Kilisuci, tapi juga dapat memperoleh data dan informasi kepemiluan.

Perlu diketahui pahwa KPU Kota Kediri hari ini (Kamis, 19/12) melaksanakan rapat penyusunan program dan anggaran tahun 2020. Hasil Rapat tersebut diantaranya adalah Program Publikasi Informasi dan Dokumentasi Teknis Pemilu legislatif dan presiden 2019. Dengan perencanaan tersebut diharapkan kegiatan tersebut dapat mencapai hasil yang diharapkan seperti kata-kata bijak yang menyatakan bahwa “keberhasilan bisa diperoleh dengan perencanaan, adapun keberhasilan tanpa perencanaan itu bukan keberhasilan tapi kebetulan”. yud.