Kediri – KPU Kota Kediri melakukan penataan arsip hari ini Selasa (7/1). Dilakukan oleh teman teman Tenaga Kontrak, penataan arsip dimulai dari ruang subbag hukum dan subbag Program data kemudian secara berurutan akan berpindah ke ruang lain. “berkas berkas subbag hukum dipilah terlebih dahulu menurut jenis datanya kemudian baru ditempatkan di RKC tetapi beberapa tetap diletakkan di ruang hukum karena sewaktu waktu dibutuhkan biar lebih mudah mencarinya ,” kata Reza Cristian Anggota Komisioner KPU Kota Kediri divisi Hukum dan Pengawasan.

Pentingnya pengelolaan Arsip pada sebuah lembaga seperti KPU ini karena semua data berkaitan dari tahun sebelumnya ke tahun berikutnya. Seperti misalnya data pemilu yang selalu dibutuhkan tiap tahunnya dan berkaitan antara data pemilu sebelumnya ke pemilu berikutnya.

Menurut penuturan Ermawanto selaku kasubbag umum, sebelum penataan arsip di ruangan subbag hukum, terlebih dahulu teman teman tenaga kontrak ini telah membersihkan RKC sebagai tempat berkas berkas ini nanti akan disimpan. Kemudian dilakukan pemilahan mana berkas yang masuk ke ruang RKC dan mana yang masih harus berada di ruang subbag hukum. ” Selain agar ruangan lebih lega, peredaran udara dalam ruangan subbag hukum juga lebih sehat penataan arsip ini diperlukan memang agar berkas di KPU Kota Kediri tertata rapi sehingga tidak sulit mencari data jika suatu saat dibutuhkan” imbuh ermawanto. (nhi)