KPU Kota Kediri – Ketua Bawaslu Kota Kediri, Mansur ST siang tadi (28/01/20) melakukan kunjungan terkait supervisi data pemilih berkelanjutan. Pria berpenampilan sederhana itu langsung menyatakan tujuan kedatangannya ke KPU Kota Kediri sesaat setelah ditemui oleh seluruh komisioner diruang KPU.


“Kedatangan saya kesini dalam rangka melakuan supervisi terkait data pemilih berkelanjutan”. Papar bapak yang selalu menggunakan kopiyah tersebut. Seperti dikatahui Mansur, ST merupakan ketua Bawaslu Kota Kediri ini sekaligus menjabat sebagai Devisi Pengawasan Hubungan Masyarakat & Hubungan Antar Lembaga juga punya tugas secara khusus untuk mengawasi proses pemutahiran data pemilih berkelanjutan yang dilakukan oleh KPU Kota/Kabupaten. “Pemutahiran data pemilih bekelanjutan itu menjadi tugas devisi saya”. Tukasnya dengan gaya serius tapi sambil senyum-senyum. “Makanya saya bertanya sejauhmana proses dan hasilnya”. Tambahnya.
Menjawab apa yang disampaikan Ketua Bawaslu Kota Kediri, Nasrudin selaku devisi Perencanaan, Data & Informasi (RENDATIN) KPU Kota Kediri mengatakan “prinsipnya KPU Kota Kediri siap jika sewaktu-waktu dilakukan pengawasan oleh siapapun”. Paparnya.


Lebih lanjut, Komisioner yang dipanggil dengan Gus Nasr itu menyampaikan bahwa terkait pemutahiran data pemilih berkelanjutan, KPU Kota Kediri sebenarnya sudah melakukan beberapa kegiatan untuk menuntaskan data-data pemilih terutama yang masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK), antara lain; pembukaan kotak suara ini mengacu pada Surat Edaran KPU RI No. 942/PL.02.1-SD/01/KPU/VI/2019 poin 6. Dari pembukaan kotak suara di dapat data DPK sebanyak 2113.
Kemudian dari Data DPK tersebut kita lakukan koodinasi dengan DISDUKCAPIL untuk kelengkapan komponen datanya. Hal ini dikarenakan, data DPK hasil pembukaan kota suara banyak yang tidak lengkap komponen datanya.


Terakhir, berdasarkan rekomendasi hasil rakor Devisi RENDATIN di Swissbell Sidoarjo, KPU Kota Kediri melakukan pencairan ulang data DPK di kotak suara yang masih tersimpan di gudang RKC. Walhasil, tim pencari DPK menemukan 195 data DPK yang terdapat di formulir model A.DPK-KPU. Nasr & Nasr