KPU Kota Kediri- Miftahul Huda ketua panitia pemilihan Kepala Madrasah dan Kepala Sekolah di lingkungan yayasan Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri, siang ini (jumat, 14/2) berkunjung ke Rumah pintar Pemilu “KILISUCI” KPU Kota Kediri. Miftahul huda ingin mengetahui program dan tahapan pemilu DPR, DPRD, DPD, Presiden dan Wakil Presiden serta Pilkada.

Disampaikan oleh Miftahul Huda bahwa yayasan Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri akan melaksanakan pemilihan Kepala sekolah dan Kepala madrasah dilingkungan yayasan Al- Mahrusiyah pada senin mendatang. “yayasan kami menaungi SD, MTs, MA dan SMK, supaya proses pemilihan kepala sekolah dan kepala madrasah berjalan dengan demokratis, kami berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu Kilisuci ini guna sinau (belajar) tata cara pemilu. Walau tidak sama persis dengan tahapan pemilu Legislatif atau Pemilu kepala daerah, kami berharap pemilihana kepala yang akan digelar senin mendatang akan mirip dengan Pemilu sesungguhnya. Ada Kotak suara, bilik suara, alat coblos sampai tinta” tutur Huda (sapaan akrab Miftahul Huda).

Didampingi oleh komisioner KPU kota Kediri divisi SDM, Parmas dan Sosdiklih Moch. Wahyudi, Miftahul Huda mengelilingi ruang-ruang yang ada di RPP Kilisuci serta mencermati program dan tahapan pemilu. Wahyudi juga menjelaskan bahwasannya dalam pelaksanaan pemilu atau pemilihan terdapat tiga hal penting yang harus benar-benar dipersiapkan yaitu Data Pemilih, Calon dan Logistik. ” Data Pemilih akan digunakan untuk dasar pengadaan logistik serta penghitungan partisipasi masyarakat, sedangkan Pemilu dan pemilihan tidak akan terjadi tanpa adanya calon. Adapun untuk menunjang kelancaran proses pemilu atau pemilihan maka harus dijamin ketersediaan logistik” ungkap wahyudi.

Selain itu Wahyudi juga berpesan supaya para calon diberi ruang untuk berkampanye dan bertatap muka dengan pemilih sehingga dapat menyampaikan visi misi serta pemilih tidak terkesan pokok memilih tanpa mengetahui visi misi dari calon. Untuk kelancaran proses pemilihan kepala sekolah dan kepala madrasah di lingkungan yayasan Al-Mahrusiah, KPU Kota Kediri memfasilitasi panitia dengan meminjamkan bilik suara, alat coblos dan tinta. yud