KPU Kota Kediri -Tindak lanjut dari kunjungan Panitia Pemilihan kepala di yayasan Al-Mahrusiyah di RRP Kilisuci beberapa waktu yang lalu, Siang ini (senin, 17/2) Komisioner KPU Kota Kediri Divisi SDM Parmas Moch. Wahyudi mengunjungi Yayasan Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri guna melihat secara langsung proses Pemungutan Suara dalam rangka pemilihan kepala sekolah dan kepala madrasah di lingkungan Yayasan Al-Mahrusiyah. Didampingi langsung oleh Miftahul Huda Ketua Panitia Pemilihan, Wahyudi berkeliling melihat lokasi TPS dan proses pemungutan suara.

Miftahul huda menjelaskan bahwa tahapan pemilihan dimulai dari akhir bulan Januari diawali dengan Pembentukan Panitia Pemilihan oleh Yayasan serta penyusunan jadwal pemilihan. Selanjutnya Panitia pemilihan melakukan sosialisasi dengan pemasangan Alat peraga sosialisasi yang berisikan Jadwal pemilihan kepala madrasah dan Kepala Sekolah. melakukan pendataan calon pemilih serta penjaringan calon kepala. Dari hasil penjaringan calon kepala pada 3 sampai dengan 8 Februari 2020, Huda (panggilan akrab Miftahun Huda) diperoleh 32 Calon yang tersebar di 8 lembaga.

Pemungutan Suara dibagi menjadi 2 TPS dengan pembagian TPS 1 untuk pemilihan Kepala KB, TK, SD, MTs dan MA berada di lingkungan Al-Mahrusiyah Lirboyo, sedangkan TPS 2 untuk pemilihan SMP dan SMK berda di lingkungan Al-Mahrusiyah Kel. Ngampel. Proses pemungutan suara dilaksanakan sampai dengan pukul 12.30 WIB dan Dilanjutkan dengan penghitungan suara.

Proses penetapan Calon terpilih dalam pemilihan ini berbeda dengan Pemilu, sebab sesuai dengan tata tertib pemilihan, Panitia Pemilihan akan mengesahkan 3 calon kepala yang memiliki suara terbanyak untuk selanjutnya 3 calon dengan suara terbanyak tersebut diajukan ke Yayasan guna dipilih salah satu dan ditetapkan sebagai kepala madrasah. Sesangkan di Indonesia dikenal dua model sistem Pemilu yaitu Pluralitas/Mayoritas yang biasa dipakai di Pemilu Presiden, Pemilihan Kepala Daerah dan pemilu DPD yakni Calon yang mayoritas dipilih oleh pemilih yang ditetapkan sebagai calon terpilih, selain itu ada sistem proporsional yang dipakai dalam pemilu DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota.

Sebelum meninggalkan lokasi TPS, Wahyudi Komisioner KPU Kota Kediri menyampaikan terimakasih kepada Panitia Pemilihan dan berpesan dalam proses penghitungan suara supaya melibatkan saksi dan menghadirkan semua calon, sehingga tranparansi dan akuntabilitas dalam proses penghitungan suara dapat terlaksana serta kedepan kerjasama KPU Kota Kediri dengan yayasan Al-Mahrusiyah tidak hanya sebatas pada pemilihan kepala saja tapi bisa diperluas dalam proses pemilihan ketua OSIS serta pembelajaran terutama terkait materi kepemiluan dan demokrasi. Yud