KPU Kota Kediri– Dalam rangka program nasional sensus penduduk 2020 (SP2020), Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri mengundang Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi dalam acara Rapat Koordinasi Daerah SP2020 yang dilaksanakan hari ini (18/2) di Hotel Insumo. Hadir pada acara tersebut sebagai narasumber yaitu Kepala Dispendukcapil, Kepala BPS, Kodim 0809 dan Polres Kota Kediri.

Acara tersebut dilaksanakan untuk mensosialisasikan program sensus penduduk tahun 2020 secara online kepada dinas instansi/ lembaga di Kota Kediri. Sesuai dengan Surat Edaran Walikota Kediri Nomor 050/236/419.202/2020 Tentang Dukungan Kegiatan Sensus Penduduk 2020 bahwa  Sensus Penduduk 2020 yang diselenggarakan oleh BPS akan menggunakan metode kombinasi dengan memanfaatkan data registrasi penduduk dari Ditjen Dukcapil yang dilengkapi dengan data pencacahan lengkap di tahun 2020 dan survey di tahun 2021.

Disampaikan oleh Bapak Agus Puji Raharjo (Kepala BPS Kota Kediri) bahwa Sensus Penduduk 2020 dilaksanakan 2 periode yaitu periode I (15 februari- 31 maret 2020) adalah sensus penduduk online dengan cara seluruh penduduk Indonesia secara aktif mengisikan data kependudukannya secara mandiri melalui https://sensus.bps.go.id. Untuk Periode II (1- 31 Juli 2020) dilaksanakan verifikasi dan pencacahan lapangan yang dilakukan oleh petugas berdasarkan daftar penduduk hasil pengisian sensus penduduk secara online. Sensus penduduk 2020 secara online ini dijamin keamanan dan kerahasiaanya.

Dalam acara tersebut Perwakilan dari Dukcapil Kota Kediri Dr. Janik Apt, Msi juga menyampaikan bahwa Selaras dengan program yang dilaksanakan oleh dukcapil sebelumnya yaitu One NIK One Person  sebenarnya Sensus Penduduk 2020 yang dilaksanakan secara online ini bertujuan menyediakan data jumlah,komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk menuju Satu data kependudukan Indonesia. Di KTP ada chip ( berisi data pribadi masing-masing orang, mulai iris mata, tanda tangan)yg bisa terbaca dengan card reader dengan KK sebagai dasar untuk Sensus Penduduk 2020.

Sedangkan bagi KPU Kota Kediri sebagai penyelenggara pemilu dan pemilihan, kepastian data kependudukan sangat penting untuk memproyeksikan besaran jumlah pemilih (berpengaruh pada logistik pemilu dan pemilihan) pada pemilu dan pemilihan yang akan datang. pep