KPU Kota Kediri – KPU Kota Kediri pagi ini (Kamis, 27/2) menghadiri sosialisasi Peraturan Komisi Informasi nomor 1 tahun 2019 tentang Standar Layanan dan Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Pemilu dan Pemilihan. Sosialisasi ini digelar oleh KIP Jawa Timur di aula Bakorwil Madiun dengan menghadirkan KPU dan Bawaslu Kabupaten Kota se Jawa Timur.

Ketua Komisi Informasi Jawa Timur Imaduddin dalam sambutan pembukaannya menjelaskan bahwa terdapat 3 hal penting dalam peraturan komisi informasi nomor 1 tahun 2019 ini yaitu informasi pemilu bersifat terbuka, layanan informasi cepat dan tepat, biaya ringan, dan sederhana, serta mengatur khusus informasi pemilu dan kepemiluan pada tahapan penyelenggaraan pemilihan yang sedang berjalan.

Ditambahkan oleh imaduddin bahwa didalam ketwrbukaan informasi publik terdapat informasi berkala, informasi yang wajib tersedia, informasi yang wajib diumumkan secara serta merta serta informasi yang dikecualikan. “Tahapan, program dan jadwal pemilu merupakan salah satu contoh informasi berkala di KPU, sedangkan informasi yang menyangkut hajat hidup orang banyak dalam penyelenggaraan pemilu adalah contoh dari informasi yang wajib diumumkan secara serta merta” kata imaduddin.

Selain Imaduddin, dua komisioner KIP Jatim juga menjadi narasumber pada acara tersebut. Komisioner KIP Jatim Achmad Nur Aminuddin memberikan materi tentang Penyelesaian sengketa informasi pemilu dan pemilihan sedangkan Herma Retno Prabayanti menyampaikan materi tentang standar layanan informasi publik penyelenggaraan pemilu. yud