KPU Kota Kediri – Ikhtiar untuk memperbaiki Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan terus digalakkan oleh KPU Kota Kediri sebagai tindaklanjut instruksi KPU RI melalui Surat Edaran no: 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020. Salah satunya melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kota Kediri, Kamis (12/03/20) bertempat di Jl. Brigjen Pol. Imam Bachri No. 115 Pesantren Kota kediri.

Hadir dalam pertemuan tersebut dari pihak KPU, Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi, Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi Nasrudin, Sekretaris KPU Suroto dan Kasubag Program dan Data Anissa Dyah Kusuma. Rombongan KPU Kota Kediri diterima oleh Kasi Bencana Alam dan Bencana Sosial Bidang LINJAMSOS Yoyok Triyantoro.

Disampaikan oleh Ketua KPU Kota Kediri bahwa koordinasi ini sebagai upaya awal untuk manjalin silaturrahmi dan kerjasama antar satker yang ada di Kota Kediri terutama berkaitan dengan pemilih dan pemilihan dimasa-masa yang akan datang agar lebih berkualitas lagi. “tentu KPU Kota Kediri berharap proses pemilihan di Kota Kediri lebih baik lagi” ujar Pusporini.

          Sementara itu, Nasrudin menambahkan bahwa berkaitan dengan data pemilih, KPU Kota Kediri sedang melakukan proses pemutahiran data pemilih secara bertahap, baik itu pemilih baru, pemilih pindahan, pensiunan dan pemilih yang sudah tidak  memenuhi syarat, seperti pemilih yang sudah meninggal dunia atau pemilih yang beralih status menjadi abdi negara (TNI/Polri). Dipilihnya Dinas Sosial sebagai salah satu rujukan guna Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan tidak terlepas dari adanya program Perlindungan Jaminan Sosial (LINJAMSOS) Kematian bagi warga Kota Kediri. Degan program tersebut, otomatis data warga Kota Kediri yang masuk ke Dinas Sosial bisa dipastikan 100% tidak memenuhi syarat (TMS) dalam SIDALIH KPU Kota kediri. “itu yang jadi ikhtiar kita”, tukas Nasrudin.

Dilain pihak, Dinas Sosial Kota kediri menyambut baik upaya KPU Kota Kediri melakukan silaturrahmi dan kerjasama antar satker yang ada di Kota Kediri. Dinas Sosial dengan senang hati akan melakukan upaya untuk membantu KPU Kota Kediri dalam melakukan Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan, terutama terkait data-data warga Kota Kediri yang masuk dalam Perlindungan Jaminan Sosial Kematian (LINJAMSOS). “kita tentu sangat mendukung upaya dan langkah KPU Kota Kediri” Papar Yoyok Triyantoro. Disamping itu, guna mempermudah proses Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan, Dinas Sosial mempersilahkan KPU Kota Kediri untuk bisa datang sewaktu-waktu, atau via tlp/WA guna keperluan tersebut. “tidak usah formal-formal” pungkas Yoyok Triyantoro sekaligus menutup acara pertemuan. (nasr)