KPU Kota Kediri – Hari ini (12/3) bertempat di hotel lotus kota kediri, KPU Kota kediri hadiri acara Evaluasi Pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020 yang diadakan oleh BPS Kota Kediri. Naeli Himmah Irani salah satu staff subbag teknis ditunjuk sebagai PIC (Personal In Charge) dalam Sensus Penduduk Online 2020 untuk KPU Kota Kediri, dimana salah satu tugasnya adalah melaporkan hasil sensus penduduk online 2020 yang dilaksanakan oleh pegawai KPU Kota Kediri kepada BPS Kota Kediri. Hal tersebut juga dilakukan oleh seluruh dinas/ instansi yang ada di Kota Kediri dalam rangka mensukseskan program nasional Sensus Penduduk Online 2020 dengan target sensus ASN 100%.

Sambutan pembukaan sekaligus materi disampaikan oleh Kepala BPS Kota Kediri Agus Puji Raharjo, S.Si, MMA. “Kota Kediri kalau dilihat dari dasbo BPS itu data yang sudah dikirim ada sekitar 15.000, nah itu kita tidak bisa melihat mana yang ASN mana yang bkn. oleh karena itu kita berkoordinasi dengan Bapak/Ibu Dinas/Instansi untuk dapat memberikan data pegawainya baik sudah melakukan Sensus Penduduk online ataupun yang belum, sehingga kita bisa dengan mudah memantau berapa ASN yang sdh melakukan Sensus Penduduk 2020 secara online.” papar Agus Puji.

Selanjutnya dibuka sesi tanya jawab, pertanyaan lebih banyak mengenai teknis pengiriman data ke BPS yang harus dilakukan oleh masing masing PIC dari dinas/instansi. Seperti PIC dari RSUD Gambiran yang pegawainya berjumlah 2000an lebih mengaku mengalami kesulitan dalam memberikan laporan ke BPS dan meminta tenggat waktu lebih lama yang sedianya dijadwalkan terakhir pelaporan tanggal 20 Maret sdh masuk ke BPS. KPU Kota Kediri sendiri sudah melaksanakan Sensus Penduduk Online secara bersama sama pada tanggal 26 Februari. Baik Komisioner maupun Sekretariat total 28 orang sudah melakukan Sensus Penduduk secara Online. Tidak ada kendala memang karena selain aplikasi mudah koneksi internet juga bagus, sehingga proses sensus hanya memakan waktu tidak sampai 15 menit per KK. Kemudian acara ditutup dengan pembagian doorprice bagi 10 peserta yang datang paling awal. nhi