KPU Kota Kediri- Bertempat di Rumah Pintar pemilu “KIlisuci” Komisioner dan sekretrariat KPU Kota Kediri melaksanakan Sinau bareng tentang penyusunan risalah rapat yang baik dan benar. (Rabu, 18/3). Diskusi yang dimotori oleh komisioner KPU Kota Kediri divisi Hukum dan Pengawasan ini membahas tentang Tatacara, struktur dan isi dari risalah rapat.

Disampaikan oleh Reza Cristian bahwasannya Penting dilakukan penyamaan persepsi penyusunan risalah rapat, karena risalah rapat berisi tentang rekaman proses tersusunnya sebuah kesepakatan/keputusan KPU Kota Kediri. “Ini bagian dari administrasi jadi harus sesuai dengan aturan,” tutur Reza. Reza Menjelaskan bahwa Sesuai dengan tata naskah dinas yang tercantum dalam PKPU 17 Tahun 2015 Risalah Rapat adalah Naskah Dinas yang memuat pendapat dan/atau saran/masukan peserta rapat pleno KPU RI, KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota, serta rapat pada Sekretariat Jenderal KPU RI, Sekretariat KPU Provinsi/KIP Aceh dan Sekretariat KPU/KIP Kabupaten/Kota terhadap materi yang dicantumkan dalam acara undangan rapat, yang diakhiri dengan kesimpulan rapat oleh pimpinan rapat. Selain itu Reza Cristian juga menyampaikan susunan risalah rapat terdapat tiga hal penting yaitu bagian awal yang terdiri dari identitas rapat, bagian kedua yang berisi isi rapat serta bagian akhir yang terdiri dari kesimpulan rapat.

Diakhir diskusi tersebut, dilaksanakan juga review terhadap redaksi berita acara rapat yang meruoakan bagian tidak terpisahkan dari materi risalah rapat. nhi