KPU Kota Kediri- Ditengah maraknya virus Corona (COVID-19), pagi ini (24/3) Ketua Bawaslu Kota Kediri Mansur, ST mendatangi KPU Kota Kediri guna koordinasi terkait pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang dilaksanakan oleh KPU Kota Kediri.

Mansur, ST menyampaikan bahwasannya salah satu tugas Bawaslu adalah Mengawasi persiapan Penyelenggaraan Pemilu diantaranya Pelaksanaan persiapan lainnya dalam Penyelenggaraan Pemilu sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan. “Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan merupakan salah satu kegiatan KPU guna mempersiapkan penyelenggaraan pemilu, sehingga Kami (Bawaslu) juga mengawasi prosesnya” kata Mansur. Terkait dengan proses pengawasannya mansur menambahkan Bawaslu Kota Kediri melaksanakan pemantauan salahsatunya dari pemberitaan website dan media sosial yang dipunyai oleh KPU Kota Kediri.

Dibenarkan oleh Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi hawa KPU Kota Kediri sedang melaksanakan Pemutakhiran data Pemilih Berkelanjutan yang merupakan tindaklanjut KPU RI nomor 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 tertanggal 28 Februari 2020, KPU RI yang memerintahkan KPU Kabupaten Kota untuk melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan berkoordinasi dengan partai politik, dan instansi terkait seperti Dinas Kependudukan, Dinas Pemakaman dan dinas terkait lainnya, KPU Kota Kediri telah berkoodinasi dengan Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kota Kediri guna koodinasi terkait sirkulasi penduduk di Kota Kediri. “Kegiatan itu kita pubikasikan lewat website dan media sosial,dengan harapan masyarakat mengetahui kegiatan KPU saat tidak ada tahapan pemilu serta mempermudah menyampaikan informasi kepemiluan kepada masyarakat luas” tutur pusporini.

KPU Kota Kediri berharap adanya kegiatan bersama dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) yang dapat dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Kediri dengan materi pengawasan terhadap Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang melibatkan stakeholder terkait. Kegiatan FGD tersebut diharapkan dapat memberikan rekomendasi pola dan proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang akan melibatkan banyak pihak seperti Dispendukcapil, Dinas Sosial, Kelurahan,, Partai Politik dan pihak -pihak lainnya. yud