KPU Kota Kediri – Yang ditunggu-tunggu oleh semua pihak terkait penundaan Pemilihan serentak 2020 keluar sudah, Presiden Joko Widodo menunda pelaksanaan Pemilihan serentak 2020 yang awalnya akan dilaksanakan pada 23 September 2020 ditunda menjadi Bulan Desember 2020. Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2020 tertanggal 4 Mei 2020 tentang Perubahan ketiga atas Undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-undang.

Perpu tersebut dalam rangka penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai bencana nasional perlu diambil kebijakan dan Langkah-langkah luar biasa baik di tingkat pusat maupun daerah termasuk perlunya dilakukan penundaan tahapan pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota serentak tahun 2O2O agar pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tetap dapat berlangsung secara demokratis dan berkualitas serta untuk menjaga stabilitas politik dalam negeri.

Pasal yang mengalami perubahan dari undang-undang sebelumnya adalah pasal 120 yang mengatur tentang pemilihan lanjutan atau pemilihan lanjutan serentak dan pelaksanaannya dimulai dari penyelenggaraan Pemilihan atau Pemilihan serentak yang terhenti.

Selain itu disisipkan pasal baru yaitu pasal 122 A dan Pasal 201 A. Pada Pasal 201 A ayat (2) disebutkan bahwa Pemungutan suara serentak yang ditunda dilaksanakan pada bulan Desember 2O2O, sedangkan ayat (3) Dalam hal pemungutan suara serentak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak dapat dilaksanakan, pemungutan suara serentak ditunda dan dijadwalkan kembali segera setelah bencana nonalam berakhir.

Dengan keluarnya Perpu maka akan digunakan dasar oleh KPU untuk membuat peraturan tentang tata cara dan waktu pelaksanaan pemilihan serentak lanjutan. Semoga Pandemi COVID-19 segera teratasi dan KPU dapat melaksanakan pemilihan lanjutan atau pemilihan serentak lanjutan pada Bulan Desember 2020. Yud

Perpu Nomor 2 Tahun 2020 download disini