KPU Kota Kediri- Hari ini (8/5) KPU Kota Kediri selenggarakan Siraman Qolbu kali kedua yang merupakan agenda rutin dari Kasubbag Umum di hari jum’at selama bulan Ramadhan. Tausiyah diberikan oleh Dr. Nia Sari, M.Kes selaku komisioner KPU Kota Kediri divisi Teknis Penyelenggaraan. Dengan basic pendidikan kesehatan masyarakat, materi yang disampaikan oleh beliau tidak jauh dari seputar kesehatan.

Tips untuk tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa yang Nia Sari sampaikan antara lain adalah dengan menjaga pola makan. “Awali berbuka puasa cukup dengan 3 butir buah kurma dan air putih, baru kemudian secara bertahap makan makanan yang berat, itupun dengan porsi yang cukup tidak berlebih. Terutama untuk kita yang berusia diatas 35 tahun, konsumsi karbohidrat dari nasi cukup 1-2 sendok saja, kurangi konsumsi gula, perbanyak buah dan sayur. sedangkan untuk perokok, jangan langsung merokok saat berbuka, beri asupan makanan dulu untuk organ pencernaan kemudian minimal 3 jam baru merokok !” jelas beliau.

Pada akhir tausiyah Nia Sari menyampaikan bahwa sangat penting bagi kita semua untuk memperhatikan keseimbangan gizi dan pola makan saat berbuka dan sahur agar puasa dapat berjalan lancar dan khusuk. Siraman Qolbu kali ini dihadiri oleh seluruh komisioner dan sekretariat KPU Kota Kediri. nhi